Buka Millenial Palm Oil Discussion Forum, Gubernur Sumsel Sebut Sawit Berdampak Positif Terhadap Lingkungan Sekitar

0

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menyampaikan sejumlah harapan terjadap insutri kelapa sawit Indonesia. Sumsel yang merupakan salah satu provinsi dengan kebun kelapa sawit terluas ketiga, memiliki harapan sawit terus berkontribusi positif terhadap ekonomi dan lingkungan sekitar.

Harapan itu disamapikannya saat membuka Milenial Palm Oil Discussion Forum  dengan tema “Refleksi Industri Sawit 2021 dan Prospek di 2022 untuk Milenial, Kamis (19/11/2021)”.

Gubernur mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai inisiatif para milenial dalam berpikir untuk kemajuan pertanian Sumsel. Dia berharap kegiatan ini akan menghasilkan sebuah rekomendasi kepada pertanian, pemerintah, perusahaan yang menaungi petani, pabrik sawit atau pengguna produk hilir.

“Jangan hanya memandang di hilirnya saja, tapi pada kegiatan ini dibedah persoalannya apa, rekomendasi yang dihasilkan dari diskusi ini. Yang paling penting, Sumsel punya sawit luas, dan ini harus berdampak langsung terhadap lingkungan sekitarnya,” ujar Gubernur Herman Deru.

Pokok permasalahan yang mungkin bisa menjadi pembahasan antara lain seperti pengelolaan limbah sawit yang harus optimal, mulai dari biji hingga pelepahnya. Kemudian yang terpenting bahwa kelestarian lingkungan harus tetap terjaga.