Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Muba, Beri Rasa Aman Nataru

SEKAYU – Plt Bupati Beni Hernedi SIP diwakili oleh Sekda Drs H Apriyadi MSi bersama Forkopimda Kabupaten Muba menghadiri acara apel gelar pasukan operasi lilin dalam rangka pengamanan Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kamis (23/12/2021) di Halaman Mapolres Muba.

Apel ini bertajuk “Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022” dipimpin langsung oleh Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK M.lSi dan diikuti oleh personil TNI Kodim 0401, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan BPBD Muba, beserta anggota Pramuka.

AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi menjelaskan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi “Lilin 2021” dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya.

“Dalam pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya. Personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bendara, pelabuhan dll,”terangnya.

Menurutnya, kegiatan operasi lilin 2021 ini dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan tetap mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta menegakkan hukum secara tegas dan profesional.

Selain itu, Kapolres Muba juga menyampaikan ada beberapa penekanan dalam amanat tersebut untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, diantaranya pasukan harus persiapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Lanjut, ia juga menegaskan lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Selanjutnya, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan Perayaan Tahun Baru 2022. Dan laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

“Mantapkan kerjasama, sinergi, dan solidaritas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Dan tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,”pungkasnya.

Sementara, Plt Bupati Beni Hernedi SIP melalui Sekda Drs H Apriyadi MSi menyambut baik serta mensupport penuh kegiatan operasi lilin tersebut. Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kegiatan tersebut dan berharap dengan kegiatan operasi lilin wilayah Musi Banyuasin aman dan terkendali.

“Pemkab Muba sangat mendukung apa yang dilakukan Polres Muba, dan tentunya kami harapkan petugas tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19. Semoga perayaan Natal dan Tahun Baru yang kita hadapkan tahun ini tidak menimbulkan klaster- klaster baru penyebaran COVID-19,”pungkasnya.