Ini Daftar Negara Lolos Piala Dunia 2022

Logo Piala Dunia 2022 (Foto: Ist)

Palembang – Sudah 27 tim dipastikan berlaga di Piala Dunia 2022. Sejumlah tim memastikan partisipasi mereka di Qatar usai memetik kemenangan pada Rabu (30/3/2022) dini hari WIB. Laga kualifikasi dan playoff tinggal mencari lima tim lagi yang akan bertanding di Qatar, akhir tahun ini.

Setelah Arab Saudi dan Jepang secara resmi lolos pada pekan lalu, tim-tim dari Eropa, CONMEBOL, CONCACAF, dan Afrika kini juga memastikan langkah dalam jeda internasional Maret. Portugal dan Polandia menyusul ke Qatar 2022 setelah masing-masing mengalahkan Makedonia Utara dan Swedia pada final playoff final Zona Eropa.

Portugal mengalahkan Makedonia Utara 2-0 dengan dua gol dari Bruno Fernandes dan satu assist dari Cristiano Ronaldo. Sementara Robert Lewandowski dan Polandia juga memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Swedia. Kemenangan ini mencegah Zlatan Ibrahimovic berpisah untuk kai kedua dari tim nasional Swedia di Piala Dunia.

Dari Afrika, Ghana mendapatkan tempatnya di Piala Dunia setelah bermain imbang 1-1 dengan Nigeria di leg kedua. Pada leg pertama, kedua tim bermain imbang tanpa gol, jadi gol tandang Thomas Partey sudah cukup mengantarkan Ghana ke Qatar.

Dengan drama penalti, Senegal menjadi tim kedua Afrika yang memenangkan satu dari lima jatah ke Piala Dunia 2022. Meski kalah 0-1 dari Mesir pada leg pertama, Senegal berhasil menyamakan skor agregat saat menjadi tuan rumah.

Sadio Mané sekali lagi menjadi pahlawan negaranya melalui adu penalti dengan mencetak gol kemenangan. Untuk kali kedua pula Senegal menghadirkan kepiluan kepada Mesir setelah final Piala AFrika bulan lau. Kesedihan Mesir diwarnai kegagalan Mohamed Salah mengeksekusi penalti, seperti laporan Marca.

Kemudian, kemenangan Maroko 4-1 atas Kongo (agregat 5-2) dan hasil imbang tanpa gol Tunisia dengan Mali (agregat 1-0) membuat Maroko dan Tunisia lolos ke Piala Dunia. Adapun Kamerun menderita sampai menit terakhir tetapi mengalahkan Aljazair 2-1 di perpanjangan waktu untuk mengamankan tempat mereka di Qatar.

Selain itu, Uni Emirat Arab mengalahkan Korea Selatan 1-0 untuk mengamankan tempat ketiga di Grup A Asia dan akan memainkan playoff melawan Australia. Pemenang laga ini akan menjalani laga playoff melawan tim peringkat lima dari CONMEBOL.

Akhir pekan lalu, Ekuador dan Uruguay memastikan tiket mereka ke Qatar sebagai wakil langsung CONMEBOL. Kemudian, pada Senin (28/3/2022) dini hari WIB, Kanada mencapai Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 36 tahun sebagai wakil CONCACAF.

Untuk saat ini, Qatar (sebagai tuan rumah) berada di urutan teratas daftar tim yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022 musim dingin ini. Mereka akan diunggulkan, sedangkan sisanya akan bergantung pada peringkat FIFA.

Berikut tim-tim yang sudah pasti berlaga di Piala Dunia 2022

Qatar

Jerman

Denmark

Brasil

Perancis

Belgia

Kroasia

Spanyol

Serbia

Inggris

Swiss

Belanda

Argentina

Iran

Korea Selatan

Jepang

Arab Saudi

Ekuador

Uruguay

Kanada

Ghana

Senegal

Portugal

Polandia

Maroko

Tunisia

Kamerun