Gubernur Sumsel Luncurkan Usaha Warung Rumah, Tahap Awal Bantu 200 Warmah

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru resmi meluncurkan Warung Rumah (Warmah) yang diadakan oleh Gerakan Cinta Rakyat (Gencar) di Griya Agung.

“Tahun ini kita targetkan 1.000 paket sembako untuk Warmah yang ada di Kota Palembang,” kata Deru usai Melaunching Warmah di Griya Agung, Jumat (1/4/2022).

Menurut Deru, bantuan diberikan bertahap sambil mengevaluasi yang ada dil apangan, tahap awal ini diberikan kepada 200 Warmah untuk usaha. Bantuan yang diberikan berupa sembako seperti gula, minyak goreng, kopi dan lain-lain.

“Sembako ini untuk dijual atau usaha, bukan untuk dimakan sendiri. Dari informasi yang didapat, ternyata dua tahun pandemi ini kita bisa bertahan dan tangguh karena UMKM,” kata Deru.

Untuk itulah ketika Gencar menyampaikan masukannya untuk membuat program Warmah, ia dukung. Meskipun tidak teranggarkan dalam APBD, sehingga digandeng mitra-mitra yang ada untuk peduli. Tapi tidak berupa uang, melainkan berupa barang.

“Untuk Warmah yang sudah berjalan apabila mau ditingkatkan, kita akan berikan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan catatan para pelaku usaha tetap menjaga nama baik tidak ada nama dalam BI checklist,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum DPP Gencar, Charma Afrianto menambahkan,Gencar berdiskusi dengan gubernur untuk membangkitkan kembali perekonomian setelah pandemi Covid-19.

“Akhirnya kita usulkan bantuan paket jualan untuk Warmah. Awalnya gubernur kaget karena kita mengajukan 1.000 Warmah. Tapi dengan dibantu OPD, dan CSR perusahaan maka semua itu terasa ringan,” katanya

Menurutnya, untuk satu Warmah mendapatkan paket sembako senilai Rp 700 ribu sampai Rp 800 ribu. Tahun ini targetnya 1.000 Warmah, dan sampai 2024 ditargetkan 5.000 Warmah.

“Nantinya akan terus kita pantau, Warmah yang berhasil akan diberikan reward. Rewardnya masih dalam pembahasan,” ungkapnya.

Menurutnya, Warmah yang akan mendapatkan bantuan sembako sudah didata. Aluranya dari kecamatan, kelurahan sampai ke RT dan baru ke Gencar.

“Mari kita bangkitkan UMKM dengan cara mari belanja di warung tetangga,” katanya.