Hasil Drawing Piala Dunia 2022

Logo Piala Dunia 2022 (Foto: Ist)

Palembang – Hasil drawing Piala Dunia 2022 sudah diketahui. Setelah melakukan drawing di Doha Convention Center pada Sabtu, (2/4/2022), dini hari WIB tercipta sebuah grup neraka. Grup E dihuni Spanyol, Jerman, Jepang dan pemenang playoff antar konfederasi 2.

Sebelumnya, FIFA sudah membagi 32 tim ke dalam empat pot, yang mana masing-masing potnya berisikan delapan tim. Pot 1 berisikan tim unggulan, yakni tuan rumah Qatar dan tujuh tim teratas di ranking FIFA edisi Maret 2022.

Kemudian, penghuni pot 2, 3 dan 4 juga berdasarkan posisi di ranking FIFA edisi Maret 2022. Lantas, bagaimana dengan aturan drawing tadi?

Tim yang berasal dari konfederasi sama takkan bertemu dalam satu grup, kecuali UEFA. Wakil UEFA masih bisa saling bertemu karena anggota mereka paling banyak yang memiliki perwakilan, yakni 13 negara.

Sejatinya masih ada tiga slot tersisa yang baru ditemukan pada 14 Juni 2022. Dari zona Eropa memiliki satu slot lagi, yakni di antara Wales atau pemenang laga Skotlandia vs Ukraina. Sejatinya laga Skotlandia vs Ukraina digelar bulan ini.

Namun, karena ada perang di Ukraina, FIFA memundurkan jadwal laga Skotlandia vs Ukraina ke medio Juni 2022. Nantinya, pemenang laga Skotlandia vs Ukraina bakal bertemu Wales di final playoff untuk memperebutkan satu tiket Piala Dunia 2022.

Kemudian, dua slot lagi mempertemukan duel playoff antarkonfederasi yang mempertemukan pemenang babak keempat zona Asia (Australia vs UEA) kontra peringkat lima zona Conmebol (Peru).

UEA dan Australia finis ketiga di Grup A dan B babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Laga UEA vs Australia rencananya digelar di Doha, Qatar pada 7 Juni 2022. Tim yang memenangkan pertandingan bakal berjumpa Peru pada 13 atau 14 Juni 2022.

Bagaimana dengan satu slot lagi? Satu slot lagi mempertemukan playoff antarkonfederasi antara peringkat empat zona Concacaf, Kosta Rika, kontra juara Oseania, Selandia Baru.

Piala Dunia 2022 merupakan edisi ke-22. Timnas Brasil tercatat sebagai tim tersukses di Piala Dunia dengan koleksi lima trofi. (net)

Grup A
Qatar
Ekuador
Senegal
Belanda

Grup B
Inggris
Iran
Amerika Serikat
Wales/Skotlandia/Ukraina

Grup C
Argentina
Arab Saudi
Meksiko
Polandia

Grup D
Prancis
Australia/UEA/Peru
Denmark
Tunisia

Grup E
Spanyol
Selandia Baru/Kosta Rika
Jerman
Jepang

Grup F
Belgia
Kanada
Maroko
Kroasia

Grup G
Brasil
Serbia
Swiss
Kamerun

Grup H
Portugal
Ghana
Uruguay
Korea Selatan