Pemerintah Imbau Halalbihalal Lebaran Tidak Makan-Minum

Menko Perekonomian yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto (Foto: Ist)

Jakarta – Menko Perekonomian yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto, menyampaikan arahan menjelang Lebaran 2022.

Dalam konferensi pers hasil rapat terbatas PPKM yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022), Airlangga mengimbau kegiatan halal bihalal tidak dibarengi makan dan minum.

“Kemudian Bapak Presiden juga memberikan catatan terkait dengan kegiatan-kegiatan menjelang halalbihalal nanti, terutama untuk kegiatan halal bihalal diselenggarakan dengan protokol kesehatan dan diimbau untuk tidak ada makan minum,” kata Airlangga.

Pernyataan Airlangga soal halal bihalal bersifat imbauan. Jikapun ada makan dan minum, Airlangga menyebut penerapan jarak harus dilakukan.

“Dan makan minum pun harus sesuai dengan jarak dan tempat,” kata Airlangga.

Airlangga juga menyampaikan update soal kegiatan di tempat hiburan maupun keramaian. Menurutnya, semua kegiatan harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kemudian juga terkait kegiatan yang di tempat hiburan ataupun di tempat keramaian ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan juga sesuai dengan kapasitas,” ujar Airlangga.

Airlangga menyebut hal-hal ini bakal diatur dalam instruksi menteri dalam negeri (Inmendagri). Selain itu, dia berharap masyarakat tidak bepergian ke luar negeri di momen libur panjang

“Tentu kegiatan ini nanti akan dituangkan dalam instruksi menteri dalam negeri,” ujarnya.