Ramadan, Penumpang di Bandara SMB II Meningkat

Suasana Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (Foto: Ist)

PALEMBANG – Penumpang pesawat di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan, meningkat selama Ramadan 1443 Hijriah hingga rata-rata sebanyak 2.000 orang per hari.

“Berdasarkan data penumpang pesawat selama April 2022 ini rata-rata setiap harinya mencapai 5.000 orang atau meningkat dari bulan sebelumnya sekitar 3.000 orang per hari,” kata Eksekutif GM Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto, Selasa (19/4/2022).

Ia memprediksi jumlah penumpang pesawat tersebut terus mengalami peningkatan hingga tujuh hari (H-7) Lebaran Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada awal Mei 2022.

Lonjakan pengguna jasa angkutan udara di Bandara SMB II Palembang dengan tujuan utama ke Jakarta diprediksi terjadi pada puncak arus mudik lebaran pada
29 – 30 April 2022.

“Pada puncak arus mudik tersebut diperkirakan jumlah penumpang pesawat mencapai 7.000 orang lebih per harinya,” ujar Tommy.

Untuk menghadapi lonjakan pengguna jasa angkutan udara pada arus mudik lebaran, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah maskapai penerbangan untuk melakukan penambahan pesawat yang kini sudah mencapai 44 penerbangan per harinya.

Kemudian sesuai dengan protokol kesehatan antisipasi penularan COVID-19, pihaknya menyediakan ruang tunggu tambahan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pengguna jasa angkutan udara sebelum diberangkatkan ke bandara tujuan.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menyiapkan posko mudik Lebaran Idul Fitri bersama pihak TNI/Polri dan instansi terkait guna memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan berangkat dan menjemput penumpang di terminal kedatangan.