Gedung Kosong di Perintis Kemerdekaan Terbakar

Palembang – Gedung kosong kantor ekspedisi muatan kapal laut Jalan Perintis Kemerdekaan Lorong Pemancar II Rt 12 RW 03, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II, Jumat (22/4/2022), mengalami kebakaran.

Ketua RT setempat Muhammad Rusdi Hendri menjelaskan saat kebakaran terjadi dirinya tengah bersiap melaksanakan Salat Jumat. Dia mendengar teriakan warga menyebut ada kebakaran.

“Warga yang memantau tadi langsung berhamburan keluar rumah setelah tahu api yang membakar sudah besar,” katanya.

Rusdi menduga terbakarnya gedung yang telah kosong semenjak lima tahun silam karena ulah sejumlah remaja tanggung yang kerap nongkrong sembari merokok dan menyalakan petasan di dalam gedung.

“Sebelumnya sudah ada upaya melaporkan ke kelurahan dan polsek  setempat dan diimbau sebanyak 4 hingga 5 kali, tapi mereka tetap datang,” ucapnya.

“Semenjak ada penangkapan aksi penodongan dua bulan lalu mereka sudah mulai bubar, tapi masih ada satu dua remaja yang masih berdatangan kemari,” tambahnya.

Saat api coba dipadamkan, seluruh jaringan listrik di dalam gedung tersebut telah terputus sejak ditinggalkan pemiliknya, sehingga tidak mungkin kebakaran tersebut terjadi karena gangguan arus listrik dan sebagainya.

“Listrik sudah dicabut sejak lama, mungkin yang menyebabkan api cepat menyambar adalah karena masih banyak dokumen dan barang-barang di dalam gedung,” pungkasnya.

Saat ini masih ada sebanyak 6 mobil pemadam kebakaran beserta personel yang berjibaku memadamkan api.

Sedangkan atas musibah tersebut arus lalu lintas terpaksa dialihkan oleh pihak keamanan terkait. Dan tidak ada korban jiwa pada kejadian ini.