Pemprov Sumsel Dorong KAI Kembangkan Angkutan Batu Bara

Gubernur Sumsel Herman Deru (Foto: Ist)

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong PT Kereta Api Indonesia mengembangkan angkutan batu bara untuk memaksimalkan potensi daerah di bidang sumber daya mineral.

Gubernur Sumsel Herman Deru, mengatakan, pemprov merespons positif rencana KAI yang ingin menambah jalur kereta api untuk mendekati kawasan pertambangan batu bara.

“Asal tahu saja, inisiasi PT KAI untuk mengembangkan transportasi kereta api pengangkutan baru bara ini sejalan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumsel No 74 Tahun 2018 tentang larangan angkutan batu bara melintasi jalan umum,” kata dia.

Ia menjelaskan Pemprov Sumsel sejak lama mendorong penggunaan jalur kereta api untuk angkutan batu bara agar kenyamanan masyarakat dalam berlalu lintas tidak terganggu.

Selama ini, hal itu yang kerap dikeluhkan warga yakni banyaknya truk-truk pengangkut batu bara melintas di jalan umum sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Untuk itu, Pemprov Sumsel menyarankan KAI untuk untuk menambah jalur dan memperpanjang rute sehingga mempermudah para pelaku bisnis untuk mengeluarkan hasil bumi Sumsel itu.

“Bukan saja jalurnya yang baru tapi mungkin penambahan relnya. Sehingga dampak positif nya lebih dirasakan masyarakat,” kata dia.

Produksi batu bara di Provinsi Sumatera Selatan mencapai 50 juta ton pada 2021 atau meningkat satu juta ton dibandingkan tahun sebelumnya.