Waspada PMK, Imbau OPD Selektif Pilih Hewan Kurban

Sekayu – Maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi membuat Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi melalui Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesra H Yudi Herzandi SH MH mengimbau kepada OPD agar membeli hewan Kurban yang sudah dipastikan sehat dan memenuhi syariat untuk dijadikan hewan kurban.

Hal ini disampaikannya di dalam Rapat Persiapan Penyembelihan Hewan Qurban dan Menyambut Perayaan Idul Adha 1443 H / 2022 M di Ruang Rapat Lantai 3 Setda Kabupaten Muba, Jumat (10/06/2022).

Menurutnya, setiap hewan kurban harus melewati karantina, sehingga Pemkab Muba bisa menjamin hewan tersebut aman dari penyakit.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan betul yaitu kondisi hewan kurban yang diperjualbelikan terutama mulai dari pedagang, lalu di lokasi penyembelihan oleh yang berkurban dan berikutnya dipendistribusian daging kurban, semuanya harus mengikuti syariat Islam dan protokol kesehatan terutama dalam pencegahan Covid-19,”ungkapnya.

Terakhir, Yudi Herzandi juga mengajak seluruh perusahaan dalam Kabupaten Muba agar dapat ikut berkurban untuk memberikan kepada masyarakat masyarakat yang kurang mampu.

Sementara Kabag Kesra H Opi Palopi MSi menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Sholat Idul Adha akan dilaksanakan di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate yang akan dimulai pukul 06.30 sampai selesai.

“Pengumpulan dan pendistribusian hewan kurban akan kita mulai pada hari Jumat 08 Juli- Sabtu 09 Juli tahun 2022 di Masjid Raya Baitul Makmur Sekayu,” tandasnya.

Turut hadir, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muba H Winhartan MPdi, Kepala Perangkat Daerah , Lurah Soak Baru, Lurah Serasan Jaya, Lurah Balai Agung, Perwakilan Kecamatan Sekayu, PDAM Muba.