Senyum Anies soal Paling Banyak Diusulkan DPW NasDem Jadi Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Ist)

Jakarta – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi yang paling banyak direkomendasikan oleh dewan pimpinan wilayah (DPW) NasDem sebagai bakal calon presiden. Lantas bagaimana respons Anies soal hal itu?

Anies ditanyai soal namanya masuk bursa bakal capres NasDem setelah menghadiri acara Silahturahmi Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (o). Acara itu dihadiri oleh Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) hingga Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Anies tak menjawab apa pun saat ditanya soal namanya paling banyak diusulkan DPW NasDem. Dia hanya tersenyum sambil mengangkat jempol tangannya.

Sebelumnya, 34 DPW NasDem telah menyerahkan nama-nama bakal capres 2024 di Rakernas NasDem. Setidaknya lima nama menjadi rising star, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Jenderal Andika Perkasa, dan Rachmat Gobel.

Dari daftar rekapitulasi yang diterima, Kamis (16/6) malam, Anies menempati posisi puncak dengan 31 suara DPW. Di peringkat kedua ada Ganjar dengan 28 suara.

Sementara itu, tempat ketiga diisi dua nama, yaitu Erick Thohir dan Andika Perkasa, yang sama-sama memperoleh 15 suara. Di posisi empat ada nama Rachmat Gobel dengan 13 suara.

Dalam penjaringan bakal capres NasDem, setiap DPW menyerahkan sejumlah nama. Ada DPW yang hanya menyerahkan 2 nama, ada yang 3 nama, hingga 6 nama. Nama-nama dari DPW itu kemudian dibahas oleh screening committee sebelum diserahkan ke Ketum NasDem Surya Paloh. (net)