Wawako Palembang Ajak Kembali Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitri Agustinda (Foto: Ist)

Palembang – Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda kembali mengajak warga di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu untuk melakukan gotong royong membersihkan lingkungan setelah kegiatan tersebut dua tahun dihentikan sementara sebagai antisipasi penularan COVID-19.

“Setelah bisa dikendalikan kasus COVID-19 dan  ditetapkan PPKM Level 1, warga bisa kembali melakukan kegiatan bersama  dengan protokol kesehatan (Prokes) secara  ketat melakukan gotong royong membersihkan sungai dan anak Sungai Musi serta kawasan permukiman dari sampah  agar lingkungan bersih, sehat, dan indah,” kata Fitrianti.

Dia menjelaskan, kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama warga yang telah berjalan dengan baik selama ini terhenti karena aturan pembatasan kegiatan masyarakat dampak pandemi COVID-19.

“Kegiatan yang baik tersebut diharapkan bisa kembali berjalan seperti sebelum pandemi sehingga bisa menjadikan lingkungan kota sebagai tempat tinggal dan beraktivitas yang nyaman dan sehat,” katanya.

Menurut dia, lingkungan di kawasan permukiman, perkantoran  dan tempat lainnya memerlukan pemeliharaan bersama sehingga kegiatan gotong royong perlu digalakkan kembali.

Kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang setiap akhir pekan, sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

Dengan gotong royong, katanya, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

“Melihat besarnya manfaat kegiatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh warga kota lebih menggalakkan kegiatan itu secara rutin pada setiap akhir pekan, meskipun tanpa didampingi pihak kelurahan dan jajaran Pemkot Palembang,” kata Wawako.