Del Piero: Kembalinya Lukaku dan Pogba Baik Bagi Sepakbola Italia

Palembang – Legenda Juventus Alessandro Del Piero mengatakan kembalinya Romelu Lukaku dan Paul Pogba ke Serie A akan berdampak baik untuk sepak bola Italia.

Kemenangan Roma di Liga Konferensi Eropa adalah kesuksesan kontinental pertama oleh tim Italia sejak kemenangan Treble Inter pada tahun 2010.

Hanya Juventus – dua kali – yang mencapai final Liga Champions dalam kurun waktu tersebut dan hanya satu tim Italia yang mencapai semifinal sejak 2017.

Ditanya apakah pemain seperti Lukaku yang berjuang di Liga Premier dan berkembang di Serie A menunjukkan perbedaan antara kedua liga, Del Piero mengatakan:

“Sekarang Liga Premier adalah kompetisi sepakbola terbaik. Mereka mampu tampil di level tinggi dan apa yang terjadi di Liga Champions, di Liga Europa bagaimana performa mereka disana adalah jawabannya.

“Tapi musim lalu menunjukkan sedikit lebih banyak perkembangan bagi sepakbola Italia. Kemenangan Roma [di Liga Konferensi Eropa] adalah harapan yang baik untuk masa depan di kompetisi Eropa. Jadi Lukaku untuk Inter dan Pogba untuk Juve bisa menjadi langkah besar juga untuk sepak bola Italia untuk menjadi lebih kuat dan memiliki suara lagi di Liga Champions khususnya.“

Sejak kemenangan Milan pada 2007, hanya ada tiga tim Italia yang lolos ke final Liga Champions dan hanya satu kali meraih gelar juara.

Keberhasilan Parma di Piala UEFA pada tahun 1999, ditambah dengan kemenangan Piala Winners Lazio di musim yang sama, adalah terakhir kalinya sebelum kemenangan Roma pada tahun 2022 sebuah tim Italia memenangkan kompetisi sekunder Eropa. (net)