Jumlah Jemaah Calon Haji Palembang Berkurang 50%

Ilustrasi (Foto: Ist)

Palembang – Sebanyak 50 persen Jemaah Calon Haji membarkasi Kota Palembang gagal berangkat lantaran pengurangan kuota haji.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Deni Priansyah, mengungkapkan semestinya JCH yang diberangkatkan sebanyak 7.000 orang, berdasarkan data keberangkatan haji 2020.

“Tapi sekarang Sumsel hanya kebagian 3.000 kuota saja. Jadi artinya 50 persen JCH gagal berangkat ke Tanah Suci,” ujarnya.

Deni mengungkapkan JCH yang gagal berangkat di antaranya telah berusia lebih dari 65 tahun. Serta ada jemaah yang tidak melunasi biaya haji sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Saat ini pihaknya juga telah mempersiapkan keberangkatan haji yang berasal dari embarkasi Palembang. Termasuk melakukan sterilisasi dan mengosongkan kegiatan di asrama haji yang akan ditempati JCH.

“Embarkasi Palembang ini mendapatkan gelombang kedua yang akan diberangkatkan pada 24 Juni 2022 untuk kloter pertama,” ungkapnya.

Deni memastikan JCH embarkasi Palembang telah divaksinasi. JCH juga akan melakukan tes PCR pada H-70 jam sebelum keberangkatan.

“Intinya persiapan di sini maupun di Arab Saudi sudah siap semua. Nanti di sana juga ada panitia yang bakal menyambut JCH serta hotel bintang lima baik di Madinah maupun di Mekkah,” jelasnya.