Calon Haji OKU Berangkat ke Asrama Haji Palembang

Ilustrasi (Foto: Ist)

OKU – Jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Selasa, berangkat ke Asrama Haji Palembang sebelum bertolak menuju Jeddah pada Rabu (29/6) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Subuh tadi dilakukan pelepasan sebanyak 148 calon haji OKU dari Islamic Center Baturaja menuju Asrama Haji Palembang. Sesuai jadwal besok baru mereka terbang ke Jeddah,” kata Petugas Haji Daerah OKU Juraimi Selamet di Baturaja, Selasa.

Keberangkatan rombongan calon haji OKU ini menggunakan lima unit bus lengkap dengan pengawalan pihak kepolisian hingga petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat.

Sebelum diberangkatkan ke Jeddah pada Kloter 5 Embarkasi Palembang, jamaah calin haji akan melaksanakan manasik haji terlebih dahulu di Asrama Haji Palembang.

Menurut dia, keberangkatan jamaah ini merupakan tahun pertama pascapandemi COVID-19 sehingga pihaknya membatasi jumlah pengantar.

Keluarga yang mengantar pelepasan jamaah calon haji di Islamic Center Baturaja, Kabupaten OKU tidak boleh terlalu ramai seperti saat normal.

“Alhamdulillah mereka patuh dengan tidak padat jumlah keluarga JCH yang mengantar pelepasan tadi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, jamaah calon haji juga wajib menerapkan protokol kesehatan, apalagi saat ini cuaca di Mekah sangat panas mencapai 50 derajat Celcius.

“Rata-rata JCH asal OKU mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk berangkat ke Mekkah, kecuali menyiapkan mental serta beberapa obat-obatan ringan mengingat cuaca dan iklim di Mekkah cukup panas,” ujarnya.

Sementara Kabag Kesra Setda OKU, Kadarisman mengimbau masyarakat untuk mendoakan jamaah calon haji agar sampai di Mekkah dengan selamat serta dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa hambatan.

“Serta pulang dengan sehat sekaligus menyandang haji mabrur,” kata dia.