450 Haji Kloter Pertama Tiba di Palembang

Palembang – Sebanyak 450 haji kloter pertama asal Kabupaten OKU Timur tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Senin, 1 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB. Jemaah melakukan prosedur tes antigen setiba di Tanah Air.

“Jemaah haji yang tiba akan dilakukan proses medical clearance berbasis antigen secara menyeluruh sebanyak tiga kali oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang,” kata Executive General Manager Bandara Internasional SMB II Palembang, R Iwan Winaya Mahdar, Senin, 1 Agustus 2022.

Iwan mengatakan clearence yang dilakukan terhadap dokumen keimigrasian oleh petugas kantor Imigrasi Palembang. Terakhir, clearance terhadap barang bagasi bawaan oleh petugas Bea Cukai.

“Hal ini bertujuan memastikan layanan di bandara bisa dilakukan dengan cepat dan tepat,” jelasnya.

Kedatangan jemaah haji dijadwalkan selama 9-12 hari kedepan. “Untuk pukul berapanya tidak tentu. Bisa malam, pagi, ataupun siang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Syafitri Irwan, mengatakan, proses pemulangan jemaah haji pada tahun ini sedikit berbeda ketimbang tahun-tahin sebelumnya. Dalam kondisi pandemi covid-19, proses debarkasi dibuat seminimal mungkin.

Adapun perbedaan di antaranya seluruh jemaah yang tiba akan dilakukan proses skrining kesehatan meliputi pemeriksaan suhu tubuh dilanjutkan pemeriksaan antigen bagi seluruh jemaah setibanya di aula asrama haji.

“Setelah mendapatkan hasil antigen lebih kurang 15 menit, jemaah dipersilahkan istirahat di asrama dan diimbau untuk mandi serta berganti pakaian hal ini untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” jelas dia. (net)