HD Dampingi Panglima TNI Tinjau Latma Garuda Shield – 16/2022

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menyambut kedatangan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa ditanah bumi sriwijaya dengan agenda meninjau kegiatan latihan Hirain / C-Rain Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield -16/2022 dalam rangka Super Garuda Shield 2022 Matra Udara.

Kegiatan Latma antara TNI AU dan Tentara Amerika tersebut dilakukan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa (9/8/2022).

Melalui kesempatan itu, Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan bahwa latihan yang digelar guna untuk menambah jam terbang dan memperbanyak pengalaman yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk kesatuan itu sendiri.

Ia juga menjelaskan bahwa latihan ini untuk pertama kalinya dilakukan oleh Angkatan Udara, dimana Alutsista Artileri Medan Sistem Canon milik Angkatan Darat (AD) yang mencapai berat hingga 18,4 Ton dapat dipindahkan secara mobile menggunakan pesawat Hercules C30 ketitik yang membutuhkan bantuan senjata tersebut.

“Ini merupakan hari bersejarah untuk TNI Indonesia, dimana operasi latihan kali ini selain melibatkan Tentara Amerika. Ini juga merupakan kali pertamanya Alutsista milik AD yaitu senjata Artileri Medan Sistem Canon Kaliber 155 mm dengan berat 18,4 ton dipindahkan secara mobile dengan dimasukan ke Pesawat Hercules C30 menuju lokasi yang membutuhkan senjata tersebut. Dan tentunya ini akan menambah jam terbang bagi personil yang terlibat dalam latihan”, jelasnya.