Wawako Palembang Akan Upayakan Bangun Rumah Warga yang Roboh di Sidomulyo

Palembang – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Palembang beberapa hari ini mengakibatkan pohon dan rumah roboh.

Salah satunya rumah milik Ibu Witari, di Jalan Sidomulyo, RT 35 Kelurahan Sungai Selincah, Kecamatan Kalidoni.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meminta OPD terkait melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Ya, dari kejadian ini, saya intruksikan kepada dinas terkait untuk terus waspada dan melakukan pemantauan. Seperti pohon tinggi serta tua yang ada Di pinggir jalan ataupun di permukiman rumah warga,” ujar Fitrianti, saat meninjau rumah Ibu Witari, Senin (12/9/2022).

Rumah Witari rusak parah karena angin kencang dan tersambar petir. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Karena rumah Witari yang sudah miring, tidak layak huni, serta untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga dan pemilik rumah sepakat merobohkan rumah tersebut.

Untuk sementara, Witari yang sehari-hari bekerja sebagai buruh cuci dan merupakan janda beranak empat, ini tinggal di rumah kontrakan.

Fitrianti mengatakan, Pemkot Palembang akan mengusahakan membangun rumah Ibu Witari, baik dari DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumsel atau Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kota Palembang (Perkimtan).

“Tentunya ini juga bisa kita lihat terlebih dahulu surat rumahnya lengkap atau tidak serta status kepemilikannya. Jika semua lengkap, insyaAllah akan kita lakukan pembangunan rumah tersebut,” ujar Fitrianti.