Ini Fungsi Pita Kejut di Depan Polrestabes Palembang

PALEMBANG – Pengendara sepeda motor yang belum mengetahui adanya pita kejut yang terpasang persis didepan Polrestabes Palembang sedikit mengeluh, karena biasanya pengendara yang jalannya lurus mulai dari Fly Over menuju ke kawasan Jakabaring melaju dengan normal.

Namun, adanya pemasangan tiga baris pita kejut lalu lintas di depan Polrestabes Palembang membuat pengendara harus mengerem untuk memperlambat jalan kendaraan, juga getaran kendaraan akibat pita kejut juga terasa berguncang.

Menanggapi hal ini, Kasat Lantas Polrestabes Palembang angkat bicara. Kompol Rendy Surya Aditama mengatakan alasan dipasangnya pita kejut di depan Polrestabes Palembang berfungsi supaya pengendara sepeda motor mengatur laju kecepatan kendaraan juga mencegah adanya balap liar, mencegah suara bising dari knalpot brong.

“Pita kejut memang sengaja dipasang persis di depan Polrestabes untuk mencegah adanya suara bising yang disebabkan pengendara sepeda motor yang pakai knalpot brong, apalagi mulai dari Fly Over sudah memacu tinggi kecepatan motor hingga mengeluarkan suara bising,” ujar Rendy saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (13/10/2022).

Dijelaskannya, bahwa untuk pita kejut baris kedua sengaja dibuat lebih tebal dari yang baris pertama, ini ditujukan agar pengendara mengatur laju kendaraannya.

“Untuk susunan pada pita kejut baris pertama itu sebagai peringatan bagi pengendara agar memperlambat laju kendaraannya. Agar pada pita kejut kedua tidak terkejut lagi,” jelasnya.

Untuk itu, Kompol Rendy juga menghimbau pada pengendara baik motor dan mobil untuk bisa mengatur laju dan kecepatan kendaraan. “Semenjak pemasangan pita kejut, saat ini tak ada lagi aktifitas balap liar di malam hari, dan mencegah adanya aktifitas balap liar, suara knalpot brong, dan kecelakaan,” pungkasnya.