Feby HD Dukung Promosi Kuliner Sumsel ke Nasional dan Internasional

Palembang – Ketua TP PKK Sumsel, Hj Feby Herman Deru ungkapkan Festival Kuliner menjadi salah satu cara mempromosikan kuliner khas daerah. Hal tersebut diungkapkan Feby saat menerima Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) bertempat di Griya Agung, Jumat, (14/10/2022).

Sebelumnya, Sekjen APJI, Siti Radarwati didampingi panitia ungkapkan bahwa APJI akan melaksanakan Festival Makanan dengan rekor MURI makan tekwan terbanyak yaitu 5.000 porsi, pada awal Desember mendatang.

Siti menjelaskan festival tersebut juga akan diisi dengan berbagai lomba membuat jajanan pasar menggunakan bahan-bahan selain dari yang sering digunakan pada umumnya. Dan ajakan mengkonsumsi makanan sehat, serta ada stand-stand makanan UMKM. Festival ini diselenggarakan untuk mengembangkan kuliner UMKM di Palembang, khususnya.

Feby Herman Deru sangat menyambut dan mendukung terlaksananya kegiatan ini. Menurutnya, selain tekwan dalam kesempatan ini, akan banyak sekali makanan khas Sumsel yang dapat dipromosikan, seperti pempek, atau bolu, dan makanan lainnya.

“Kami setuju dengan adanya kegiatan ini, karena nanti akan memperkenalkan berbagai varian makanan tradisional khas daerah khususnya Sumsel. Untuk itu, saya juga sarankan agar kegiatan ini melibatkan UMKM yang ada di Kab/Kota juga,”ungkapnya.

Didampingi Ketua Pokja III, Feby ungkapkan PKK Sumsel juga akan menggelar festival pempek di Prabumulih, dengan menggunakan berbagai jenis tepung di pasaran dan tepung alternatif dari umbi-umbian atau jagung.

Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan pada 4-6 Desember 2022 mendatang di Lapangan DPRD Sumsel. Lomba bertujuan untuk mengimprovisasi bahan alternatif dalam pembuatan makanan di Palembang sehingga tetap terjaga kelestariannya dan tidak langka seperti sebelumnya, salah satu contohnya seperti ikan belido.

Lomba juga menyiapkan hadiah uang tunai. Selain itu, adanya Rekor MURI diharapkan akan memperkenalkan tekwan secara nasional hingga internasional.