Palembang Galakkan Penanaman Pohon Perindah Wajah Kota

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa (Foto: Ist)

Palembang – Pemerintah Kota Palembang berupaya menggalakkan kegiatan menanam pohon pelindung dan buah-buahan di 107 kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan untuk memperindah wajah kota dan melestarikan lingkungan.

“Penanaman pohon pelindung dan buah-buahan dilakukan di sekitar kawasan permukiman penduduk, jalan protokol, perkantoran, pertokoan, sekolah, kampus perguruan tinggi, dan fasilitas umum,” kata Sekda Palembang, Ratu Dewa.

Menurut dia, kegiatan menanam pohon untuk menjadikan Bumi Sriwijaya ini sebagai kota hijau yang dilakukan rutin setiap akhir pekan pada program gotong royong.

“Kegiatan menanam tersebut diharapkan dapat diikuti masyarakat dan berbagai pihak sehingga tidak ada lagi kawasan yang gersang atau tanpa pohon,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk mendukung kegiatan menanam pohon itu, pihaknya mengajak perusahaan swasta dan BUMN yang berusaha di kota ini menyiapkan bantuan bibit pohon pelindung dan buah-buahan untuk masyarakat.

Selain membantu menyediakan bibit pohon, berbagai pihak dan lapisan masyarakat di kota pempek ini diharapkan aktif melakukan kegiatan menanam pohon bersama pada setiap kesempatan.

Pohon tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dan penghijauan, tetapi juga bisa memberikan manfaat seperti pohon buah-buahan yang hasilnya bisa dipetik dan dinikmati oleh masyarakat yang menanam.

“Dengan menggalakkan kegiatan menanam pohon itu diharapkan tidak hanya menjadikan Palembang sebagai kota hijau dan indah, tetapi juga penghasil buah-buahan,” ujarnya.