BMKG Peringatkan Sejumlah Wilayah Berpotensi Turun Hujan Lebat

Ilustrasi prakiraan hujan (Foto: Ist)

Palembang – Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang termasuk beberapa kota besar, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Selasa, terdapat potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, D.I. Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Hujan juga dapat turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara, hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan turun di daerah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Maluku Utara.

BMKG memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di Kota Jambi, Gorontalo, Tarakan, Samarinda, Kupang, Palembang dan Medan.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan intensitas ringan dapat terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada siang hari ini.

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Untuk hari ini, kategori waspada berlaku di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Papua.