Pemodelan Matematika Oxford Prediksi Brasil Juara Piala Dunia 2022

Palembang Piala Dunia 2022 akan berlangsung mulai hari ini, Minggu (20/11/2022). Berkaitan dengan itu, Oxford University membuat prediksi negara yang akan menjadi juara Piala Dunia 2022 melalui studi pemodelan matematika.

Seperti yang diketahui, ajang empat tahunan tersebut dilaksanakan di Qatar dan menjadi kali pertama negara ini ditunjuk sebagai penyelenggara turnamen bergengsi itu. Piala Dunia 2022 akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, yakni hingga 18 Desember 2022.

Lantas, bagaimana cara ahli matematika Oxford melakukan prediksi juara Piala Dunia 2022 melalui pemodelan matematika?

Pemodelan Matematika dengan Simulasi di Fase Grup

Mahasiswa post-doctoral Institut Matematika Oxford, Joshua Bull melakukan pemodelan matematika dengan mensimulasikan fase grup hingga satu juta kali dan mengambil hasil paling umum, seperti dikutip dari unggahan resmi Instagram @oxford.mathematics.

Kemudian, algoritmanya disimulasikan lagi untuk fase gugur hingga 100.000 kali. Model matematika tersebut ia ciptakan dengan cara menganalisis peringkat Elo masing-masing tim yang berasal dari data laga internasional sejam 2018.

Oxford Prediksi Brasil Jadi Juara Piala Dunia 2022

Sebagai informasi, Elo merupakan pemeringkatan untuk tim sepak bola asosiasi nasional pria yang diterbitkan oleh situs web Elo Ratings.

Melalui pemodelan matematis tersebut Oxford memprediksi Brasil akan menjadi tim dengan potensi juara terbesar.

Pada pemodelan matematika Oxford, Inggris disebut akan mengalami kekalahan di perempat final (quarter-final), sementara itu Argentina dan Brasil akan bertemu pada babak semi-final.

Selanjutnya, Brasil akan menempuh babak final bersama Belgia. Secara persentase, prediksi kemenangan Brasil meraih angka 61,3%, dan Belgia memperoleh angka 38,7%.

Pemodelan matematis Oxford menunjukkan Belanda, Argentina, Spanyol, dan Brasil berada di sisi bagan yang sama. Sedangkan, Belgia menempati sisi yang sama dengan Inggris, Prancis, dan Portugal.

Studi Joshua Bull juga mengungkapkan secara keseluruhan persentase kemungkinan negara dalam memenangkan Piala Dunia 2022. Brasil tetap berada di peringkat teratas disusul Argentina dan Belanda.

Peringkat lima besar selanjutnya diisi secara berurutan oleh Spanyol di peringkat ketiga, Prancis keempat, dan Belgia di peringkat lima. (net)