Sumsel Raih Penghargaan Atas Dukungan Dakwah Islam dan Desa Tahfidz

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meraih penghargaan atas dukungannya terhadap pembangunan dahwah Islam rahmatan lil’alamin sekaligus sebagai inisiator program pembangunan satu desa satu rumah tahfidz dari Ikatan Dai Indonesia (IKADI).

Staf Analis Ahli Utama Pemerintah Provinsi Sumsel Rosyidin Hasan, di Palembang, Senin, mengatakan penghargaan itu diserahkan langsung Wakil Ketua MPR RI, Muhammad Hidayat pada malam Anugrah Grand Ikatan Dai Indonesia (IKADI) di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (22/1).

IKADI Pusat memberikan penghargaan tersebut setelah sebelumnya dilakukan penjurian dan verifikasi ketat atas usulan yang telah disampaikan dari IKADI Sumsel.

“Gubernur Herman Deru merupakan sosok pemimpin daerah yang sangat peduli terhadap dakwah Islam rahmatan lil’alamin, sekaligus pula memprogramkan pembangunan satu desa satu rumah tahfidz,” kata dia.

Menurutnya, Dakwah Rahmatan lil’alamin merupakan dakwah yang sekarang dikembangkan Kementerian Agama. “Sebab, dakwah tersebut menyejukkan semua orang, bukan cara-cara dakwah yang keras, menghujat, mudah untuk menyalahkan orang bahkan sampai hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Upaya Kementerian Agama itu, lanjutnya, dilanjutkan pula oleh Herman Deru di mana ketika beliau safari Jum’at setiap pekannya terus mengingatkan para tokoh agama seperti kyai dan ustad untuk memberikan isi materi dakwah yang mengedukasi.

“Tentu berpedoman pada Al Qur’an dan Assunah dengan pemilihan diksi kalimat yang tidak mengundang provokasi atau perpecahan,” tambahnya, sehingga itu pula mengapa Sumatera Selatan ini menjadi daerah konsisten mempertahankan predikat zero konflik.

Bahkan, Rosyidin menyebutkan untuk menggencarkan syiar agama Islam itu Pemerintah Provinsi Sumsel menginisiasikan pendirian ribuan rumah tahfidz yang disebar di 17 kabupaten/kota setempat.

Adapun saat ini pihaknya mencatat total rumah tahfidz di Sumsel sudah mencapai 4.000 unit dari target 3.500 unit saat program ini mulai dicanangkan pada tahun 2018.

Oleh sebab itulah Herman Deru lolos penilaian IKADI Pusat sebagai sosok Gubernur yang memang mendorong dakwah rahmatan lil’alamin di Provinsi Sumsel, kemudian dinobatkan dalam IKADI Award sebagai Gubernur yang Peduli Dakwah Islam yang rahmatan lil’alamin.