Pastikan Progres Pembangunan Sejumlah Ruas Tol di Sumsel

Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) terus memastikan progres pembangunan sejumlah ruas tol di Sumsel. Seperti pada Senin (23/1), Gubernur Herman Deru meninjau langsung progres pembangunan ruas tol Kayuagung – Palembang – Betung (Kapal Betung).

“Diharapkan keberadaan jalan tol dapat menjawab keluhan masyarakat yang kerap mengalami kemacetan di ruas jalan Palembang – Banyuasin,” kata Herman Deru, di sela peninjauan tersebut.

Bahkan, Herman Deru meminta, PT Waskita Toll Road untuk mempercepat pembangunan ruas tol tersebut sehingga bisa segera dioperasikan.

“Pengoprasian tol ini tentu sangat di tunggu masyarakat. Apalagi, kita tahu setiap saat sepanjang 22 KM ruas jalan mulai dari Palembang ke Banyuasin kerap terjadi kemacetan. Kami berharap, PT Waskita mempercepat progres pembangunannya,” terangnya.

Sebab, lanjutnya, keberadaan ruas tol ini dapat mempercepat mobilitas masyarakat.

Oleh karena itu, Herman Deru berharap, agar sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemprov, Pemkab terus ditingkatkan.

“Tol ini merupakan bukti sinergitas yang baik, mulai dari pemerintah pusat, pemprov dan pemkab. Saya harapkan kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik. Termasuk peran dari masyarakat juga dibutuhkan,” paparnya.

Dari hasil informasi yang diterima Gubernur Herman Deru, ditargetkan tol Kapalbetung, khususnya ruas Kayuagung-Palembang-Banyuasin dapat dioperasikan pada Juni 2023 mendatang.

Diketahui, peninjauan ruas tol Kapalbetung tersebut dilakukan Gubernur Herman Deru mulai dari Palembang hingga ke titik 95 pembangunn ruas tol Kapalbetung. Sulitnya medan yang masih berupa tanah merah ditambah hujan deras, tak membuat peninjauan yang dilakukan Gubernur Herman Deru terhenti.

Tidak hanya itu, Herman Deru meninjau progres pembangunan jembatan Musi V yang merupakan bagian dari tol tersebut.

Dalam peninjauan itu juga, Gubernur Herman Deru didampingi penanggung jawab proyek tol Kapalbetung dari PT. Waskita Toll Road dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemprov Sumsel.