MY Hadiri Rapat Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengadaan Tanah dan Jalan Tol Sumatera

Padang – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya menghadiri Rapat Evaluasi dan Tindak Lanjut Pengadaan Tanah dan Jalan Tol Sumatera, yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu 25 Januari 2023.

Rapat dipimpin langsung Asisten Deputi Strategis dan Kebijakana Percepatan Investasi Kemenkomarves RI, Ferry Akbar Pasaribu, Ditektur Jalan dan Bebas Hambatan Kementrian PUPR, Budi Harimawan, Direktur Bina Pengadaan dan Pencadangan Tanah, Kementrian ATR/BPN, M Unu Ibnudin serta Wakil Gubermur Sumbar, Wakil Gubernur Riau dan undangan.

Wagub H. Mawardi Yahya dalam kesempatan mengatakan keberadaan jalan tol di wilayah Sumatera Selatan dinilai dapat membantu kelancaran lalulintas barang serta dapat menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dengan provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

“Ini bisa berdampak pada perekomonian. Dimana satu sama lain sudah saling menghubungkan,” katanya.

Menurutnya, saat ini ada ruas jalan tol yang sedang dalam tahap pengerjaan yakni pembangunan jalan tol Palembang-Betung sepanjang 69 km dan ruasĀ  Indralaya – Prabumulih 65 km.

“Untuk pembangan jalan tol Palembang – Betung sudah mencapai 95 persen dimana tinggal 16 km dari 69km yang dibangun. Tol Indralaya – Prabumulih juga terus dikebut,” bebernya.

Dirinya berharap, dua ruas jalan tol tersebut segera diresmikan dan beroperasi untuk memperlancar lalulintas mengingat saat ini kerap terjadi kemacetan dibeberapa ruas jalan.

“Yang pasti Pemprov Sumsel melalu dinas terkait siap membantu jika terdapat beberapa kendala dilapangan. Berharap dua ruas tol segera beroperasi terutama ruas tol Palembang – Betung. Terlebih lagi kita (Sumsel -red) akan menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang berlokasi di Kabupaten Banyuasin,” harapnya.