MY: Vaksinasi Ternak, Upaya Pemerintah Cegah dan Tanggulangi PMK

Palembang – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Mawardi Yahya menghadiri Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK Nasional Tahun 2023 secara Virtual dari Peternakan Sapi  Bp. Aidil Fitriansyah, Sako Palembang, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan dengan Tema Vaksinasi Tepat, Penandaan dan Pendataan Akurat, Peternak Sejahtera itu dipusatkan di Kabupaten Baru Provinsi Sulawesi Selatan dan dihadiri Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Dalam sambutannya MY menyampaikan  kegiatan yang dilaksanakan  Pemerintah Pusat melalui Pemprov Sumsel melakukan vaksinasi untuk menghindari kerugian bagi peternakan.

“Dengan menghindari kerugian Peternak akibat PMK, maka kebutuhan ketersediaan daging dari peternakan lokal di Sumatera Selatan dapat dipenuhi. Saat ini Sumsel masih menerima pasokan daging dari luar provinsi bahkan dari luar negeri yang kita belum tahu kesehatannya” ujar MY.

Dilanjutkan MY upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Peternakan di Kabupaten/Kota dalam mewujudkan kemampuan untuk bebutuhan daging di daerah salah satunya dengan memfasilitasi kebutuhan yang ada, memberikan penyuluhan bagi perternak.

“Alhamdulilah saat ini di Provinsi Sumatera Selatan Penyakit Kuku dan Mulut pada hewan ternak dapat ditanggulangi”

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Prov Sumsel Ir. Ruzuan Efend8, MM, menyampaikan Pemerintah memberikan bantuan obat dan disinfektan serta  bantuan vaksin PMK.