Gempa Turki 6 Februari 2023 M 7,8: Dampak dan Jumlah Korban

Palembang – Gempa terjadi di Turki pada Senin, 6 Februari 2023 waktu setempat. Gempa bumi tersebut mengguncang wilayah Turki bagian selatan. Gempa mengakibatkan jatuhnya sejumlah korban jiwa hingga luka-luka serta beberapa kerusakan.

Berikut ini sederet informasi yang dihimpun detikcom terkait berita gempa bumi di Turki 6 Februari 2023:

Lokasi Gempa Turki 6 Februari 2023: di Nurdagi

Seperti dilansir dari CNN, Senin (6/2/2023), menurut informasi dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa bumi mengguncang wilayah Turki itu berpusat di kedalaman 24,1 kilometer dari permukaan Bumi.

Berdasarkan laporan USGS disebutkan bahwa lokasi gempa Turki 6 Februari 2023 itu terjadi di Nurdagi, Provinsi Gaziantep, Turki. Tepatnya terletak di lokasi berjarak 23 kilometer sebelah timur Nurdagi.

Lokasi Nurdagi diketahui terletak di dekat perbatasan Turki-Suriah, dan berjarak 435 kilometer dari Israel.

Kekuatan Gempa Turki 6 Februari 2023: M 7,8

Menurut laporan USGS, gempa bumi yang mengguncang Turki pada 6 Februari 2023 itu berkekuatan magnitudo (M) 7,8. USGS menyebut, terjadi gempa susulan yang berkekuatan lebih kecil, yakni Magnitudo 6,7 mengguncang sekitar 11 menit setelah gempa pertama.

Gempa susulan itu tercatat berpusat di kedalaman lebih dangkal, yaitu 9,9 kilometer dari permukaan Bumi. Dampak gempa susulan itu dilaporkan turut dirasakan di wilayah Turki bagian tengah.

Jumlah Korban Gempa Turki 6 Februari 2023: 53 Tewas

Gempa M 7,8 di Turki pada 6 Februari 2023 itu memakan korban jiwa. Menurut laporan, jumlah korban terus bertambah hingga kini tercatat ada 53 orang tewas. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan tim penyelamat untuk segera dikirimkan ke area-area terdampak parah gempa.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/2), data terbaru yang dirilis para pejabat Turki menyebut sedikitnya 23 orang tewas di Provinsi Malatya, 17 orang lainnya tewas di wilayah Urfa, kemudian tujuh orang tewas di Osmaniye dan enam orang tewas di Diyarbakir.

Jumlah korban tewas itu, menurut para pejabat Turki, masih bisa bertambah karena adanya kerusakan berat akibat gempa bumi kuat pada Senin (6/2) pagi itu.

Dampak Gempa Turki 6 Februari 2023: Bangunan Rusak

Selain itu, dampak gempa Turki berkekuatan M 7,8 itu juga mengakibatkan banyak bangunan mengalami kerusakan dan bahkan ambruk. Dilaporkan gempa Turki ini juga terasa kuat hingga beberapa negara timur tengah seperti Suriah.

Laporan televisi lokal, HaberTurk, seperti dikutip Associated Press menyebutkan bahwa sejumlah gedung ambruk di Provinsi Malatya dan Diyarbarkir akibat gempa kuat dengan magnitudo 7,8 itu.

Menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, getaran gempa Turki itu juga dirasakan di beberapa negara lainnya, seperti Siprus, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak dan hingga di negara sejauh Rumania, Georgia, hingga Mesir.

Italia Rilis Peringatan Tsunasi Usai Gempa Turki M 7,8

Otoritas Italia merilis peringatan tsunami untuk area pesisirnya setelah gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,8 mengguncang Turki. Warga yang ada di area pesisir diimbau untuk mengungsi di daratan yang lebih tinggi.

“Berdasarkan data yang diproses Pusat Peringatan TsunamiIngv (CAT), Departemen Perlindungan Sipil telah mengeluarkan peringatan untuk kemungkinan gelombang tsunami tiba di pantai Italia menyusul gempa berkekuatanMagnitudo 7,9 dengan pusat gempa di antara Turki dan Suriah pukul 02.17 waktu setempat,” demikian bunyi pernyataan otoritas Italia, dilansir The Guardian dan Khaleej Times, Senin (6/20).

“Disarankan untuk menjauhi area-area pesisir, untuk mencapai daerah-daerah terdekat yang lebih tinggi dan untuk mematuhi indikasi dari otoritas setempat,” imbuh pernyataan itu.

Dinas pemantauan pada pusat seismologi Eropa-Mediterania, secara terpisah menuturkan kepada Reuters, bahwa pihaknya masih menaksir risiko tsunami akibat gempa Turki itu.