MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Secara Resmi Digelar

Muara Enim – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, berlangsung meriah dan Khidmat. Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari terhitung dari tanggal 10-14 Maret 2023 tersebut dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah dilapangan Sepak Bola desa Pagar Agung, Kecamatan Rambang , Kabupaten Muara Enim, Sabtu (11/03).

Ditandai dengan pemukulan bedug oleh PelaksanaTugas (Plt) Bupati Muara Enim yang didampingi oleh Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H Riswandar dan Kepala Kemenag Muara Enim Hasanudin, siang tadi berlangsung meriah, ditambah dengan penampilan parade defile peserta Kafilah dari 22 Kecamatan Kabupaten Muara Enim yang akan memperlombakan 7 cabang perlombaan diantaranya Tilawah, Tartil dan Tahfidz Qur’an.

Dalam acara yang diikuti sebanyak 713 orang kafilah dari 22 Kecamatan ini, Plt Bupati mengajak seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang untuk memaknai MTQ ke-39 ini sebagai ajang untuk menumbuhkan rasa mencintai dan khususnya bagi para muda-mudi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa untuk tertarik tidak hanya mempelajari Al-Quran akan tetapi juga mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu sesuai dengan tema MTQ ke-39 ini, mari kita tingkatkan generasi muda Muara Enim yang Religius dan Qurani,”tegasnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Al-Quran yang merupakan sumber dari segala sumber hukum dan sumber ilmu pengetahuan bagi umat manusia.

“MTQ ke-39 ini ibaratkan madu yang menjadi pemanis dari pahitnya obat, dengan kata lain melalui MTQ ke-39 ini Pemkab Muara Enim berusaha untuk bagaimana caranya mewujudkan masyarakat Muara Enim yang agamis khususnya untuk mencetak para generasi-generasi muda yang agamis dan qurani,”jelasnya.

“Mari berkompetisi secara baik dan jujur dengan tetap mengedepankan sportivitas dan ukhuwah Islamiah. Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Rambang saya ucapkan selamat dan terima kasih telah menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ke-39 ini. Mari bersama kita bangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur,” pungkasnya.

Disela-sela pembukaan MTQ ke-39 siang itu, Plt Bupati terlebih dahulu melantik para Dewan Hakim selaku juri dalam perlombaan selama MTQ ke-39 berlangsung.