DWP Sumsel Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Organik

Palembang – Dalam rangka meningkatkan kepedulian anggotanya terhadap lingkungan sekitar, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Selatan menggelar pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga organik menjadi bahan pembersih untuk rumah tangga di Gedung Wanita Sriwijaya, Selasa (14/3/2023).

Ketua DWP Sumsel, Karwana Supriono katakan sampah dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bermanfaat. Di Indonesia, rumah tangga merupakan penyumbang tumpukan sampah terbesar. Komposisi sampah yang ada utamanya berasal dari sisa makanan dan limbah pengolahan pangan.

“Sampah-sampah itu belum dimanfaatkan secara maksimal, menyebabkan penumpukan dan menjadi sumber penyakit,” ujarnya.

Oleh karena itu, perlu ada upaya pengolahan yang tepat agar sampah organik dapat menjadi sesuatu yang menghasilkan berguna dan bernilai ekonomis. Salah satunya yaitu pupuk organik.

Diungkapnya, pelatihan ini akan memberikan edukasi pemanfaatan sampah organik menjadi ekoenzim yaitu hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia.

“Mudah-mudahan pelatihan ini akan meningkatkan kepedulian kita kepada lingkungan kita,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua penyelenggara, Erni Irwansyah, katakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja DWP Sumsel tahun 2023. Bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus pendampingan tentang proses pemanfaatan sampah rumah tangga organik dengan teknik fermentasi. Dimana akan dihasilkan cairan multiguna salah satunya dapat dimanfaatkan untuk pembersih rumah tangga dan banyak manfaat lainnya.

Kegiatan ini diikuti pengurus DWP Sumsel dan Ketua dan Anggota DWP OPD dan Instansi Vertikal Prov Sumsel. Dan menghadirkan narasumber Trisna Aditama, S.Pd, dan tim lingkungan SMAN Plus17 Kota Palembang.