778 Personil Amankan Kedatangan Dubes Vatikan di Palembang

PALEMBANG – Apel pengamanan kedatangan Duta Besar (Dubes) Vatikan Mgr. Piero Pioppo ke Kota Palembang tepatnya di Gereja Katedral ST. Maria, di Jalan DR Sutomo, No 4, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Sabtu (25/3/2023) untuk meresmikan Gereja.

Pengamanan sudah dilakukan mulai hari Jumat (24/3/2023) hingga pada hari Minggu (26/3/2023), pengamanan peresmian Gereja selain dihadiri Duta Besar Vatikan, juga dihadiri oleh para uskup se Indonesia.

Apel di halaman Mapolrestabes Palembang dihadiri anggota Polri, TNI, Brimob, Dishub, Pol PP. Langsung di pimpin Kapolda Sumsel, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Jumat (24/3) sekira pukul 09.00 WIB.

“Pengamanan yang diberikan seperti kita mengamankan tamu VIP yang datang, seperti sebelumnya kedatangan Ibu Negara, Ketua DPR, pengamanan ini tidak ada yang lebih cuma mengingatkan kepada personil dan rekan – rekan bulan ini banyak petugas yang berpuasa saat bertugas,” kata Irjen Pol Rachmad Wibowo didampingi Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib kepada wartawan usai kegiatan.

Lanjut Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo bahwa karena banyak petugas yang berpuasa sehingga menjaga keseimbangan fisik dengan tugas yang akan dihadapi. “Yang lainnya personil sudah siap, insyaallah tidak ada gangguan,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolda Sumsel bahwa tim gabungan yang akan diterjunkan dalam pengamanan kedatangan Dubes Vatikan ini sebanyak 778 personil gabungan baik dari Polri, TNI, Dishub, dan Sat Pol PP.

“Acaranya hari Sabtu besok insyaallah tidak terlalu panjang acaranya, tetap mematuhi peraturan Lalu Lintas tidak terlalu diprioritaskan tetap seperti biasa saja,” ujarnya.

Ditanya kegiatan Dubes Vatikan di Palembang, Kapolda mengatakan hanya menghadiri peresmian Gereja Katedral ST Maria. “Iya hanya menghadiri peresmian Gereja Katedral ST Maria saja,” pungkasnya.