Plt Bupati Muara Enim Laporkan Hal Ini ke Warga Terkait Akses Jalan Kabupaten yang Terputus

MUARA ENIM – Salah satu akses jalan darat di Kabupaten Muara Enim, tepatnya jalan kabupaten ruas Teluk Lubuk – Tanah Abang yang ada di Desa Siku, Kecamatan Empat Petulai Dangku, terputus akibat longsor.

Mendapati hal itu, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah menyampaikan, bahwa pihaknay sudah melakukan upaya pemeriksaan kelokasi pada Jumat (23/3/2023) lalu, oleh tim kabupaten yang terdiri dari Kepala pelaksana BPBD, Kadis PUPR, kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda dan Camat Empat Petulai Dangku serta Kades Siku.

Dari hasil investigasi tim, sambung Kaffah, maka pihakya mengambil Solusi sementara yakni, membatasi kendaraan yang akan melintasi hanya kendaraan ringan dan motor/bukan truk.

“Kemudian, dilakukan pengalihan jalan sambil menunggu proses pemasangan cerucuk dan penimbunan di lokasi tersebut,” ujar dia, melalui akun facebook @ Ahmad Usmarwi Kaffah, Minggu (26/3/2023).

Untuk pengalihan atau relokasi sementara jalan, ungkap Kaffah, pihaknya segera melakukan pembicaraan dengan pemilik lahan, apakah akan dilakukan ganti rugi atau sewa pakai selama proses perbaikan.

“Namun untuk penanganan permanen, dinding sungai akan dilakukan dengan alternatif pembiayaan menggunakan dana APBN, dengan mengusulkan penggunaan dana hibah Rehab Rekon ke BNPB atau menggunakan dana APBD,” ungkap dia.

“Lalu, memasang rambu rambu peringatan untuk keselamatan pengguna jalan. Saat ini telah dimulai penanganannya dengan mengisi karung dengan pasir untuk membuat penahan tanah sementara,” tandas dia.