Dinkes Muara Enim Gelar Rakor Bahas Penyaluran Dana BOK Puskesmas Tahun 2023

Muara Enim – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi pelaksanaan pembayaran transaksi non tunai Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas tahun 2023 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Kamis (30/03).

Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim Dr. Eny Zatila pada kesempatan itu mengatakan, penyaluran dana BOK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Jika pada tahun sebelumnya penyaluran dana BOK melalui kas daerah, pada tahun ini dana BOK disalurkan langsung ke Puskesmas.

“Berdasarkan kesepakatan tiga menteri yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan dan Menteri Keuangan, dana BOK disalurkan langsung ke rekening Puskesmas melalui bank yang sudah ditunjuk,” ujar Eny.

Untuk itulah, pihaknya menyelenggarakan rapat koordinasi tersebut guna membahas teknis penyaluran bersama Puskesmas dan pihak BNI selaku banky yang ditunjuk pemerintah.

“Pada rapat ini juga kita akan berdiskusi mengenai peruntukan dari dana BOK tersebut,” tukas Eny.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius Sekda yang membuka rapat koordinasi tersebut mengatakan, kegiatan rapat itu penting dilaksanakan karena adanya perubahan pola penyaluran yang perlu dipahami syarat dan mekanismenya.

“Nanti dari pihak bank BNI akan memberikan informasi terkait penyaluran BOK ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan rapat koordinasi ini akan memberikan solusi dan petunjuk dalam memanfaatkan dana BOK untuk Kabupaten Muara Enim.

“Penggunaan dana kesehatan di Kabupaten Muara Enim perlu dilaksanakan dengan baik tepat sasaran dan akuntabel sesuai dengan peruntukan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan pemerintah daerah,” pungkasnya.