Aliansi Masyarakat Peduli Cagar Budaya Menggelar Aksu Unjuk Rasa

Palembang – Hari ini, Aliansi Masyarakat Peduli Cagar Budaya (AMPCB) menggelar aksi unjuk rasa di simpang lima DPRD Sumsel sembari membagikan ratusan takjil gratis bagi pengguna jalan, Ojol, tukang becak dan sebagainya.

Dalam hal ini Koordinator AMPCB, Vebri Al Lintani mengatakan jika oknum keturunan china bernama Asit Chandra sudah dengan jelas menghilangkan bukti sejarah Palembang Darussalam dengan mengklaim telah membeli lahan komplek pemakaman Kramo Jayo.

“Oknum tersebut telah jelas mengklaim membeli lahan pemakaman Kramo Jayo yang merupakan menantu Sultan Mahmud Badaruddin II,” tegasnya.

Ditempat yang sama, tokoh masyarakat Charma Afrianto menuturkan jika dirinya sangat mendukung AMPCB di dalam perjuangannya merebut kembali asset Cagar Budaya, komplek pemakaman Kramo Joyo.

“Untuk itu ia berharap semua warga Palembang bahu membahu berdonasi mengambil kembali makam tersebut jika Pemkot tidak mau mengeksekusi atau peduli dengan makam tersebut,” ungkapnya.

Sementara, koordinator lapangan Kusoi menambahkan jika mestinya semua warga Palembang harus mendukung aksi merebut kembali komplek pemakaman Kramo Joyo itu.

“Kita warga Palembang mesti tahu, jika pemakaman itu merupakan cagar budaya dan wajib kita jaga bersama, pihak Pemkot Palembang harus mengambil tindakan akan hal tersebut,”tutupnya.