Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2023, Plt Bupati Muara Enim Ajak Peserta Didik Padukan IPTEK dan IMTAQ

Muara Enim – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 tingkat Kabupaten Muara Enim di Halaman Kantor Bupati Muara Enim, Selasa (09/05) pagi.

Upacara diikuti oleh ratusan pelajar baik dari tingkat SD s.d Perguruan Tinggi dengan menggunakan pakaian adat lokal muara enim dan dari seluruh nusantara.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati yang tampil berdiri gagah menggunakan pakaian adat muara enim membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang intinya mengajak semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara termasuk di Kabupaten Muara Enim Bumi Serasan Sekundang untuk menyemarakan Hardiknas tahun 2023 ini dengan semangat meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Senada dengan hal tersebut, Plt Bupati Kaffah mengajak semua pelaku dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim untuk mendukung cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat dengan terus belajar dan berinovasi.

“Tugas anak-anakku sekalian hanyalah belajar, belajar dan terus belajar berjuang menjadi yang terdepan dengan mengembangkan karakter dan meningkatkan kompetensi. Dibelakang, kami selaku pemerintah akan terus mendukung apapun untuk menunjang eksistensi dunia pendidikan karena yang kami harapkan kedepan hanyalah pendidikan muara enim yang semakin cerah dan bermartabat, itulah salah satu tolak ukur keberhasilan kami,” tegas Kaffah.

Disamping itu, Plt Bupati Kaffah yang hadir bersama Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah serta Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan juga para Pejabat Utama di lingkup Pemkab. Muara Enim berpesan kepada seluruh peserta didik agar dapat juga meningkatkan IMTAQ (Iman dan Taqwa) kepala Allah SWT, karena perpaduan antara IPTEK dan IMTAQ adalah hal yang bisa menjamin sukses dunia dan akhirat.

Tak lupa Plt Bupati Kaffah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi terhadap guru dan civitias pendidikan yang telah membantu Pemkab. Muara Enim membangun sumber daya manusia di Bumi Serasan Sekundang.

“Guru adalah garda terdepan dalam objek pembangunan ini. Untuk itu, saya memohon lanjutkan perjuangan ini dengan semangat dari hati untuk masa depan kabupaten kita yang terdepan, agamis dan darusalam,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara, Plt Bupati menyaksikan penampilan pagelaran seni dan kreasi dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Muara Enim.