Salma Jadi Juara Indonesian Idol 2023

Jakarta – Salma Salsabil, terpilih menjadi juara Indonesian Idol 2023, mengalahkan Nabila Taqqiyah dalam babak grand final result & reunion.

Pengumuman juara Indonesian Idol musim 12 tersebut ditayangkan langsung di RCTI, Senin (22/5/2023) malam. Dalam acara tersebut, Salma berhasil mengalahkan pesaingnya, dengan akumulasi hasil voting pemirsa.

Untuk diketahui, Salma tampil dengan membawakan lagu “Just The Way You Are” yang dipopulerkan Bruno Mars. Sedangkan Nabila membawakan lagu berjudul “Here’s Your Perfect” dari Jamie Miller.

Boy William sebagai pembawa acara yang mengumumkan kemenangan kontestan asal Probolinggo, Jawa Timur tersebut. “The winner is, Salma. Selamat Salma kamu jadi juara Indonesian Idol musim 12,” kata Boy William.

Salma tampak tak percaya dengan pengumuman tersebut. Sebagai bentuk rasa syukur, ia menutup wajah dengan kedua tangannya sembari setengah membungkuk. Kemudian memeluk pesaingnya, Nabila, dengan mata berkaca-kaca.

Mahasiswi asal ISI Yogyakarta tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah mendukungnya. Salah satunya adalah kampus ISI Yogyakarta, dimana Rektor ISI Yogyakarta, Prof Dr Timbul Raharjo MHum dan Dekan Fakultas Seni Pertunjukkan, Dr Dra Suryati MHum, yang hadir untuk memberi dukungan.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada masyarakat Indonesia, Probolinggo, teman-teman dari Yogyakarta, ISI Yogyakarta dan Rektor yang sudah hadir,” kata Salma dikutip dalam pidato kemenangan nya dari tayangan RCTI.

Dari acara tersebut, Salma membawa hadiah Rp 150 juta dan satu unit mobil sebagai juara pertama. Runner up, yakni Nabila Taqiyyah, mendapat hadiah Rp 100 juta ditambah satu unit mobil. Juara ketiga yakni Rony Parulian mendapatkan Rp 50 juta. Sedangkan juara top 14 mendapatkan hadiah hiburan sebesar Rp 10 juta.