Tiba di Tanah Suci, Jemaah Haji Khusus Langsung ke Madinah

JEDDAH – Jemaah haji khusus mulai tiba di Jeddah, Arab Saudi. Sebanyak 283 jemaah mendarat pada Senin (5/6/2023) dini hari di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Kehadiran mereka disambut Kabid Pengawasan Haji Haji Khusus Mujib Roni. Hadir juga, Kabid Perlindungan Jemaah Harun Al Rosyid serta Tim Pengawasan Haji Khusus Bandara. “Jaga kesehatan, sehingga dapat menajalankan rangkaian ibadah haji dengan baik,” ujar Mujib Roni saat menyambut kedatangan perdana jemaah haji khusus, seperti dikutip dari laman Kemenag, Selasa (6/6/2023).

“Tunjukkan bahwa ummat Islam Indonesia memiliki keluhuran budi sehingga bisa menjadi contoh ummat Islam dunia,” pesannya.

Tiba di Jeddah, lanjut Mujib, para jemaah haji khusus ini akan terlebih dahulu menuju Madinah. Mereka akan tinggal selama beberapa hari di Madinah untuk beribadah di Masjid Nabawi dan ziarah ke makam Rasulullah Muhammad Saw.

Kepada petugas dan penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji Khusus (PIHK), Mujib berpesan agar menjaga dan melayani jemaahnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Berikan jaminan bahwa seluruh jemaah dapat menjalankan ibadahnya dengan baik dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat,” pesannya.

Jemaah haji khusus yang tiba pada kesempatan pertama ini berangkat dengan tiga PIHK yang berbeda. Sebanyak 29 jemaah berangkat melalui PT. Patuna Mekar Jaya. Di Madinah, mereka akan tinggal di Hotel Al Riyad, sementara saat berada di Makkah tinggal di Hotel Ramadhan.

Sebanyak 156 jemaah berangkat melalui PT. DIYO SIBA. Mereka akan tinggal di Hotel Movenpick Madinah dan Hotel Dar Al Gufhron Makkah. Sementara 98 jemaah lainnya, berangkat melalui PT. PANCAR NI’MAH. Mereka tinggal di Hotel Frontel Madinah dan Hotel Dar Al Gufhron Makkah.