Karhutla Masih Terkendali, HD Tekankan Tetap Utamakan Pencegahan

Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Rakor Pengendalian Karhutla Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurrachman, SE, MM bertempat di Kantor BPBD Sumsel, Jumat, (8/9/2023).

HD katakan Potensi terjadinya kebakaran lahan gambut di wilayah Provinsi Sumatera Selatan sangat tinggi mengingat luasnya lahan gambut yang cukup luas, yaitu 1.270.421 Ha, yang tersebar di 17 kab/kota di Sumsel. Hal ini akan bertambah buruk dengan adanya potensi ancaman kemarau yang ekstrim atau berpotensi El Nino sebagaimana prakiraan dari BMKG.

“Saat ini kondisinya masih terkendali maka kita tetap lebih mengupayakan pencegahan. Upaya kita sudah maksimal bekerjasama dengan semua pihak yang tergabung dalam tim satgas penanggulangam karhutla” ujarnya.

HD katakan kunci dari semua itu adalah perlunya kesadaran semua pihak untuk menjaga atau tidak melakukan pembakaran secara sembarangan sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran yang tidak terkendali.

Lebih lanjut, Herman Deru berharap Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurrachman, SE, MM, juga akan mengedukasi terkait penanggulangan Karhutla yang lebih baik lagi. Ditegaskannya bahwa Pemprov Sumsel siap melakukan upaya terbaiknya.