MOU dengan BIG, Optimalkan Peran Data dan Informasi Geospasial untuk Pembangunan Sumsel

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan kerjasama melalui Nota Kesepakatan bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) tentang Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial di Provinsi Sumatera Selatan bertempat di Hotel Novotel Palembang, Senin, (29/4/2024).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) RI, Muhammad Aris Marfai.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah melaksanakan kerjasama ini pada tahun 2018 yang berlakunya untuk 1 (satu) tahun. Namun, Nota Kesepakatan tersebut telah berakhir dan dalam kesempatan ini dilakukan perpanjangan kembali untuk 5 (lima) tahun mulai tahun 2024 – 2028.

“Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak terkait pemanfaatan data bersama dalam rangka  peningkatan SDM, sarana prasarana dan kegiatan lainnya yang akan mendukung optimalnya pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik,” Ujar Fatoni.

Fatoni katakan pelaksanaan kerjasama yang telah terjalin sebelumnya perlu dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi terutama dalam pemanfaatan data.

“Selama ini dengan data yang ada kita jadikan landasan dalam mengambil kebijakan. Berbagai kajian dan riset telah dilakukan melalui data yang ada, baru kemudian dengan data tersebut terbentuk kebijakan dan langkah-langkah strategis untuk pembangunan di Sumsel, ” Jelasnya.

Selain itu, kerjasama ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran data dan informasi geospasial untuk pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan guna mendukung pencapaian target Satu Geoportal.

Adapun ruang lingkup kerjasama ini antara lain sebagai berikut Penyelenggaraan Informasi Geospasial Dasar, Pembinaan penyelenggaraan Informasi Geospasial Tematik, Pembangunan Infrastruktur Informasi Geospasial, Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang informasigeospasial, dan Pemanfaatan bersama sarana dan prasarana tertentu untuk mendukung kegiatan antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan BIG.