Heri Amalindo Kembalikan Berkas Pendaftaran, Giri Ramanda: PDIP Prioritaskan Kader

Palembang – Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan (Sumsel), Giri Ramanda N Kiemas menyatakan, pihaknya akan memprioritaskan kader dalam menghadapi kontestasi Pilkada, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota pada Pilkada serentak November mendatang.

Hal ini diungkap saat bakal calon Gubernur Sumsel, Heri Amalindo, mengembalikan formulir pendaftaran calon gubernur yang sudah dilengkapi sesuai persyaratan, ke sekretariat PDI Perjuangan Sumsel, Senin (13/5/2024).

“Kader ada prioritas lebih di pusat, tapi semua masih tergantung pada penilaian dari pusat apakah layak untuk diusung atau tidak. DPD hanya melakukan penjaringan, memverifikasi kelengkapan data dan memberi masukan,” ujar Giri usai menerima pengembalian berkas Heri Amalindo.

Lebih lanjut Wakil Ketua DPRD Sumsel ini menambahkan, untuk kader akan menjadi prioritas setelah diberikan penilaian tersendiri terkait bagaimana kerja politik dan kontribusi yang sudah dilakukan kader selama ini di daerah.

“Setelah berkas pendaftaran kami terima, akan ada tahapan berikutnya termasuk wawancara terhadap kesiapan bakal calon. Kemudian akan ada survei yang hasilnya akan sangat menentukan apakah layak diusung atau tidak,” lanjutnya.

Dituturkanya, pendaftaran di KPU masih relatif lama, jadi masih banyak waktu untuk melakukan penilaian. Sampai hari ini, belum ada satu pun bakal calon baik Gubernur, Walikota dan Bupati yang mendapat SK penetapan dari partai termasuk PDIP.

“Jika nanti Pak Heri Amalindo diusung PDI Perjuangan, maka wakil kita serahkan ke yang bersangkutan. Wakil harus dipikirkan secara matang. Jangan sampai nanti sudah diumumkan ke publik, malah berpisah di tengah jalan,” kata anggota DPR RI terpilih pada Pileg 2024.

Giri berpesan, masalah wakil harus dipikirkan apakah sudah dapat kepastian partai pengusung atau belum. Jangan sampai merusak kredibilitas partai dan calon karena dianggap tidak konsisten lantaran gonta-ganti pasangan.

“Jadi harap sabar. Calon kepala daerah dan wakil harus mampu menambah energi dan sinergi. Saling melengkapi dan mengisi kekurangan. Politik sangat dinamis, jadi koalisi partai tidak harus linier dengan koalisi pusat saat Pilpres lalu,” tegas Giri.

Ditempat yang sama, calon Gubernur Sumsel, Heri Amalindo yang juga kader partai berlogo banteng moncong putih ini merasa tersanjung lantaran disambut langsung Ketua DPD PDIP Sumsel, Giri Ramanda, pada saat pengembalian formulir pendaftaran calon kepala daerah.

“Terima kasih Ketua sudah menyambut langsung. Berkas formulir pendaftaran ini kami kembalikan dan akan mengikuti mekanisme yang ada dan berlaku di PDIP. Untuk wakil masih dalam tahap pendekatan. Doakan yang terbaik agar kami segera diusung oleh partai khususnya PDIP,”tutupnya.