Daftar 18 Tim yang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta – Rangkaian pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah usai digelar, Rabu dinihari, 12 Juni 2024. Sebanyak 18 tim lolos ke putaran ketiga.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu melaju. Malaysia, Vietnam, dan Thailand gagal lolos hanya finis ketiga. Sedangkan Singapura menempati posisi keempat. Hanya dua tim teratas klasemen yang berhak melaju ke putaran ketiga.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak mau larut dalam euforia setelah lolos. Ia mengatakan lawan-lawan yang lebih berat sudah menanti di putaran ketiga. Untuk itu, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bakal mempersiapkan tim lebih baik lagi.

“Tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi kami berada di peringkat ke-134. Jadi, pasti tim lawan lebih baik dan bisa dibilang kami menjadi tim yang paling lemah dibanding tim-tim lain yang sudah lolos ke putaran ketiga,” tutur pelatih yang akrab disapa STY ini.

“Tapi, saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah.”

Siapa saja tim yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia? Ini daftarnya:

1. Qatar (juara grup A)
2. Kuwait (runner-up grup A)
3. Jepang (juara grup B)
4. Korea Utara (runner-up B)
5. Korea Selatan (juara grup C)
6. Cina (runner-up grup C)
7. Oman (juara grup D)
8. Kirgistan (runner-up grup D)
9. Iran (juara grup E)
10. Uzbekistan (runner-up grup E)
11. Irak (juara grup D)
12. Indonesia (runner-up grup D)
13. Yordania (juara grup G)
14. Arab Saudi (runner-up grup G)
15. Uni Emirat Arab (juara grup H)
16. Bahrain (runner-up grup H)
17. Australia (juara grup I)
18. Palestina (runner-up grup I).

Putaran ketiga Kualifikasi akan menjadi ajang perebutan enam tiket ke putaran final Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Sebanyak 18 tim yang lolos akan dibagi menjadi tiga grup berisi enam tim.

Dua tim teratas setiap grup berhak langsung lolos ke putaran final. Sedangkan tim urutan ketiga dan keempat berhak berjuang lagi di putaran keempat, yang menjanjikan dua tiket ke putaran final.