Hungaria Vs Swiss: Granit Xhaka dkk Menang 3-1

Cologne – Swiss berhasil mengalahkan Hungaria 3-1 dalam laga Grup A Piala Eropa 2024. Tim asuhan Murat Yakin sukses mengeksploitasi kesalahan skuad Magyar untuk meraih kemenangan.

Bermain di Stadion Cologne, Sabtu (15/6), Swiss sudah membuka keunggulan pada menit ke-12. Kwadwo Dah mampu menuntaskan umpan terobosan Michel Aebischer dengan tembakan yang membobol gawang Peter Gulacsi. Hakim garis sempat mengangkat bendera tanda offside, namun Video Assistant Referee menyatakan gol itu sah.

Nyaris saja Swiss menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Blunder Milos Kerkez di depan kotak penalti berujung serangan balik untuk Swiss. Ruben Vargas tinggal berhadapan dengan Gulacsi, namun tembakannya membentur bahu kiper 34 tahun tersebut.

Hungaria tak diam saja. Tendangan bebas tak langsung yang dieksekusi Dominik Szoboszlai pada menit ke-40 berhasil mengarah ke Willi Orban, namun sundulannya masih mudah ditangkap Yann Sommer. Justru Swiss yang menambah keunggulan jelang turun minum.

Pada menit ke-45, serangan yang dibangun dari sisi kanan berakhir di kaki Aebischer di depan kotak penalti. Ia melepaskan tembakan melengkung ke sudut kanan gawang Hongaria tanpa mampu dihalau Gulacsi. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Duah nyaris mencetak gol keduanya di laga ini sebelum Gulacsi menggagalkan tembakan kaki kirinya pada menit ke-48. Enam menit berselang, ia juga menggagalkan tembakan Ruben Vargas.

Hungaria balas menekan lewat sundulan Barnabas Varga di menit ke-63 usai menerima crossing Roland Sallai, namun bola melenceng di sisi kiri gawang Swiss. Baru tiga menit berselang upaya Varga membuahkan hasil.

Pada menit ke-66, Varga sukses menyambut umpan silang Dominik Szoboszlai dengan sundulan ke sudut kanan gawang Swiss tanpa mampu dihalau Sommer. Skor menjadi 1-2, moral Hongaria terangkat.

Akan tetapi tim asuhan Marco Rossi gagal mencetak gol kedua. Mereka justru kebobolan gol ketiga pada injury time babak kedua.

Pada menit ke 90+3, sundulan Orban yang bermaksud membuang bola justru mengarah kepada Breel Embolo yang berdiri bebas di depan gawang. Tembakan lob penyerang 27 tahun itu berhasil melewati Gulacsi. Skor 3-1 bertahan hingga usai.

Kemenangan ini membawa Swiss menduduki peringkat dua klasemen sementara Grup A dengan 3 poin. Sedangkan Hungaria berada di urutan ketiga dengan nol poin, namun punya selisih gol lebih baik dari Skotlandia yang dilibas 1-5 oleh Jerman, sang pemuncak klasemen.