Hasil Survei Pilkada Palembang, Ratu Dewa Tertinggi-Yudha Naik Signifikan

Palembang – Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis data terbaru untuk Pilwako Palembang. Ratu Dewa yang baru mundur dari jabatannya sebagai Pj Wali Kota Palembang karena ikut Pilwako masih unggul dibandingkan para calon lain.

Dari survei yang dilaksanakan 31 Mei-6 Juni 2024, Ratu Dewa meraih 38,2%, Fitrianti Agustinda 23,7% dan Yudha Pratomo 20,5%.

Sementara, calon lain seperti Akbar Alfaro, M Hidayat, Prima Salam, Rasyid Rajasa, Basyaruddin Akhmad, dan lainnya masih di bawah 2%.

Analis Politik Charta Politika, Nachrudin mengatakan, fakta di lapangan sosok yang sedang menjabat dipastikan memiliki survei dengan persentase tinggi.

“Namun kondisi itu masih dinamis, bisa disusul bahkan dapat turun signifikan,” ujar Nachrudin, Rabu (19/6/2024).

Survei yang dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling 600 responden, kriteria minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Dan wawancara tatap muka di seluruh kecamatan di Palembang dengan margin of error 4%.

“Ketika uji simulasi 6 nama calon memunculkan Ratu Dewa 41,5%, Fitrianti Agustinda 26,8%, Yudha Pratomo 21,2%, Prima Salam 1%, M Hidayat 0,8% dan Rasyid Rajasa 0,5%. Massa yang belum menentukan pilihan sebanyak 8,2%,” ungkapnya.

Ketika dikerucutkan jadi tiga nama posisinya masih sama. Ratu Dewa meraih 42,5%, Fitrianti Agustinda 27,3% , Yudha Pratomo 21,8% dan massa yang belum menentukan pilihan sebesar 8,3%.