PPDB Dibuka Offline, SD Negeri 20 Palembang Akhirnya Dapat 3 Siswa

Palembang – SD Negeri 20 Palembang akhirnya mendapatkan 3 siswa yang mendaftar setelah dibukanya sistem offline atau langsung di sekolah. Tiga siswa tersebut merupakan warga sekitar yang belum mendaftar SD.

Kepala SD Negeri 20 Palembang, Meri mengatakan setelah membuka pendaftaran secara langsung akhirnya ada 3 siswa yang mendaftar. Dia dan guru SD tersebut terus berusaha mencari siswa yang mau mendaftar ke sekolah tersebut.

“Alhamdulillah, setelah kita buka pendaftaran siswa secara offline sudah ada 3 siswa yang daftar, siswa tersebut merupakan warga sini,” katanya dilansir dari detikcom, Kamis (20/6/2024).

Meri mengatakan kurangnya minat orang tua murid yang mendaftarkan anaknya ke SD Negeri 20 Palembang ini karena di sekitar SD ini ada 2 lagi SD lain yang berdekatan.

“Untuk itu saya berharap dari dinas terkait agar pembagian rombongan belajar dibagi rata, jangan satu sekolah buka tiga, akibatnya sekolah lain tidak kebagian siswa,” ungkapnya.

Untuk diketahui jumlah total siswa yang ada di SD Negeri 20 Palembang sebanyak 87 Siswa dari kelas 1-6 dan yang baru lulus ada 15 artinya jumlah siswa SD Negeri 20 Palembang tinggal 72.

Diberitakan sebelumnya, penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 Palembang sudah resmi ditutup. Dinas Pendidikan Palembang telah mengumumkan siswa-siswi yang lolos ke sekolah yang dituju. Namun cerita pilu datang dari SD Negeri 20 Palembang. Sampai PPDB ditutup, tidak ada satu pun calon siswa yang mendaftar.

Padahal SDN 20 Palembang terletak di lokasi yang strategis di tengah Kota Palembang. Tepatnya di Jalan Kancil Putih Demang Daun Lebar. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ansori membenarkan bahwa sekolah tersebut nihil pendaftar tahun ini.

“Ya benar tidak ada satupun siswa yang mendaftar di SD Negeri 20 Palembang yang berada di Kancil Putih Demang tersebut,” katanya, Rabu (19/6/2024).

Untuk mengisi bangku kosong, Dinas Pendidikan mempertimbangkan untuk mengalihkan siswa dari sekolah lain yang kelebihan murid ke SD Negeri 20.