Acungan Jempol untuk Cristiano Ronaldo yang Tidak Egois

Dortmund – Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez  memberikan pujian setinggi langit kepada sosok Cristiano Ronaldo. Ia mengaku terkesan dengan ketidakegoisan yang ditunjukkan kapten timnya itu.

Kejadian yang dimaksud oleh Martinez adalah ketika Timnas Portugal berhadapan dengan timnas Turki di pertandingan kedua grup F Euro 2024. Pada saat itu, Portugal sudah unggul 2-0 atas Turki.

Di menit ke-54, Ronaldo berhasil lolos dari jebakan offside saat Nuno Mendes melepaskan umpan jauh. Ronaldo berlari ke kotak penalti Turki dan berhadapan satu lawan satu dengan Altay Bayindir.

Alih-alih mengeksekusi bola itu sendiri, Ronaldo memilih untuk memberikan umpan pendek kepada Bruno Fernandes yang berlari di belakangnya. Alhasil Fernandes mampu mencetak gol ketiga Portugal di laga ini.

Dalam konferensi persnya sesuai laga, Martinez mengaku sangat terkesan dengan apa yang dilakukan Ronaldo untuk Fernandes.

Ia mengaku tidak menyangka Ronaldo mau memberikan assist ke Fernandes alih-alih mengonversi sendiri peluang itu menjadi gol.

“Bagi saya, apa yang dia lakukan itu sesuatu yang luar biasa. Di depan penjaga gawang lawan, ia memilih untuk memberikan bola ke Bruno Fernandes,” ujar

Menurut Martinez, apa yang dilakukan Ronaldo itu bisa memberikan dampak yang besar bagi perkembangan sepak bola Portugal.

Ia menyebut bahwa ketidakegoisan Ronaldo di momen itu akan jadi pembelajaran bahwa kepentingan tim itu lebih penting ketimbang kepentingan individu.

“Apa yang dia lakukan itu merupakan sebuah teladan yang perlu ditunjukkan ke semua akademi di Portugal maupun di dunia. Apa yang ia lakukan itu menunjukkan bahwa yang terpenting dalam sepak bola itu adalah kepentingan tim,” pungkasnya.