Copa America 2024: Menang 1-0, La Vinotinto ke Perempatfinal

Amerika Serikat – Salomon Rondon mencetak penalti pada babak kedua untuk membawa Venezuela ke perempat final Copa America 2024 dengan kemenangan 1-0 atas Meksiko di grup B, Kamis (27/6/2024).

Rondon tidak membuat kesalahan dari eksekusi titik penalti pada menit ke-57 setelah Jon Aramburu dijatuhkan di dalam kotak oleh Julian Quinones. Ia membuat kiper Meksiko Julio Gonzalez salah arah dan mencetak gol ke sudut bawah gawang.

Gol tersebut merupakan gol ke-42 yang dibuat Rondon untuk timnas Venezuela. Ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk negaranya.

Meksiko juga mendapat penalti karena handball pada menit-menit akhir setelah tinjauan video menyimpulkan bahwa Miguel Navarro telah mengeblok tembakan Jorge Sanchez dengan tangan kirinya. Namun kiper Venezuela, Rafael Romo berhasil menepis tendangan penalti Orbelin Pineda pada menit ke-87.

Kemenangan ini membawa Venezuela, yang mengalahkan Ekuador pada pertandingan pembukaan mereka, naik enam poin ke puncak grup B, dan memastikan kemajuan mereka ke delapan besar dengan satu pertandingan tersisa.

Meksiko akan bermain melawan Ekuador di Arizona pada hari Minggu dalam pertandingan yang akan menentukan tim kualifikasi lainnya dari grup.