Hani S. Rustam: Tiada Hari Tanpa Pelayanan Kepada Masyarakat

Rambutan — Rapat kerja dan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Banyuasin digelar di Hotel Wydham, Jakabaring Selatan, 16-17Juli 2024 dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr. Teguh Setyabudi, M. Pd.

Dalam Raker ini, Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH menjelaskan dari kondisi dan letak geografis Kabupaten Banyuasin, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banyuasin harus bekerja keras dan bekerja tuntas untuk menyelesaikan target-target yang telah diamanatkan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri RI dengan melakukan langkah-langkah yang antara lain melakukan pelayanan di 21 UPTD Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di setiap Kecamatan.

Tidak hanya sampai disitu, Dukcapil Banyuasin juga melakukan pelayanan 7 hari dalam seminggu di Pusat Pelayanan Terpadu Sembilang (P2TS) OPI Mall lantai 2, melakukan pelayanan 7 hari dalam seminggu di Komplek Citra Grand City Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa sejak tanggal 27 November 2023 lalu dan melakukan Pelayanan Jemput Bola dengan menggunakan 2 unit Mobil Keliling, tiada hari tanpa pelayanan kepada masyarakat.

Selain menyelesaikan target yang diamanatkan, Hani S. Rustam juga menjelaskan langkah dan strategi kedepan dalam rangka percepatan pencapaian target kinerja, dan untuk membangun kepercayaan (trust) publik, peningkatan kualitas layanan kepada Masyarakat, pelayanan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan (continuo) ke seluruh kecamatan, kelurahan/desa.

“Dukcapil Banyuasin akan terus meningkatkan target pelayanan langsung kepada masyarakat Banyuasin. Pelayanan KTP-El juga kami hadirkan dalam bentuk pelayanan kolaboratif pada operasi pasar murah, agar terus mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan dan diganjar dengan CNN Award 2024 yakni Penghargaan Collaborative Community Service Excellence ” tegas Ayah dari 3 anak ini.

Apresiasi tinggi disampaikan oleh Dirjend Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi atas peningkatan target pelayanan yang terus dilakukan oleh Pemkab Banyuasin dibawah komando Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam serta langkah strategis dalam percepatan target kinerja dengan membangun kepercayaan publik dan peningkatan kualitas pelayanan.

Masih kata Dirjend Teguh, Raker dan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan ini sangatlah baik dan penting, bertujuan menambah serta meningkatkan ilmu dan pemahaman kepada peserta Rapat Kerja tentang produk layanan, prosedur layanan dan regulasi terkait administrasi kependudukan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Banyuasin Bapak H. Hani Syopiar Rustam, SH beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Banyuasin Bumi Sedulang Setudung Provinsi Sumatera Selatan yang telah melaksanakan Rapat Kerja dan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Tahun 2024, dengan tujuan untuk menimba ilmu yang seluas – luasnya dalam upaya melayani masyarakat secara optimal dan pelayanan yang membahagiakan, ” tutupnya.