Pj Walikota Dorong Dinas Pertanian Optimalkan Lahan Perkebunan

Palembang – Mengunjungi Dinas Pertanian, Penjabat Walikota (Pj) Palembang A Damenta menyempatkan diri menggarap lahan cabe guna mengoptimalkan hasil penanaman serta panen.

Dengan mengendarai traktor, lahan khusus penanaman cabe yang terhampar secara langsung digemburkan dan siap ditanami cabe.

Hal ini dibenarkan A Damenta, bahwa potensi yang ada di Dinas tersebut sangat baik sekali dalam produktifitas pangan khususnya cabe serta tanaman palawija lainnya.

“Ini tidak menutup kemungkinan jika semua hasil produksi yang dihasilkan oleh dinas Pertanian akan membantu para pedagang mendapatkan harga yang lebih baik. Maka dari itu, tujuan kita melakukan perluasan lahan tanam cabe ini agar bisa melakukan panen sendiri. Apalagi masyarakat kota Palembang lebih dominan dengan khas makanan yang pedas seperti cuko pempek. Untuk jenis cabe sendiri biasa, cabe rawit, keriting dan burung.

Kedepan dengan lahan 10 hektar dan akan ditambah lagi 5 hekter Ini juga berdampak pada penekanan inflasi pada harga, jika sudah berhasil pengelolan lahan serta panan besar tentunya akan lebih mudah bagi mereka untuk mengambil.

Apabila mereka mengambil dari luar tarifnya sudah dipastikan besar, belum lagi bongkar muatan dan biaya angkutanya. Tapi jika mereka mengambilnya dari sini akan lebih murah tentunya dari sisi ongkosnya,”jelasnya jumat saat berkunjung ke dinas Pertanian gandus (2/8).

Lanjutnya tidak hanya cabe saja, bawang dan ubi bisa juga dilakukan penanamannya.

“Harapan saya dinas terkait harus bisa mengeksplor dan mengelolah lahan ini dengan baik, karena potensi disini sangat bagus untuk memproduksi hasil panen,” katanya.