Satlantas Polrestabes Palembang Akan Segera Uji Coba Command Center

PALEMBANG – Uji coba bakal dilakukan Satlantas Polrestabes Palembang untuk ruang Command Center yang ada di Mapolrestabes Palembang, Rabu 7 Agustus 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Yenni Diarty didampingi Wakasat Lantas, AKP Herman saat diwawancarai mengatakan, ruang command center merupakan fasilitas yang digunakan sebagai pusat kendali, koordinasi dan informasi untuk lalu lintas di wilayah Kota Palembang.

“Di ruangan command center ini terdapat beberapa alat berupa komputer dan layar monitor nya, dan Monitor ini menampilkan peta wilayah Kota Palembang lengkap dengan identifikasi konflik dan keamanan tiap lokasi,” ujar AKBP Yenni Diarty, Senin (5/8/2024) siang.

Sambung AKBP Yenni mengungkapkan bahwa selain itu juga dengan adanya command center pihaknya bisa menerima informasi lebih cepat.

“Ini bisa cepat dalam penanganan misalkan lokasi kemacetan, sehingga lebih maksimal dan cepat dalam penanganan kemacetan tersebut,” bebernya.

Menurut Yenni mengatakan, di Command Center Polrestabes Palembang ini, ada 11 titik yang bisa di monitor. “4 titik monitoring center, 4 titik monitoring analitik kendaraan, dan 3 titik etle” jelasnya.

Lanjutnya, command center terdapat camera monitoring yang bertujuan memonitor situasi arus lalu lintas kendaraan, serta terjadinya Laka.

“Fungsi Analitik untuk mengukur jumlah atau kecepatan kendaraan, dan Etle mengukur lebih ke pelanggaran – pelanggaran yang dilakukan  pengendara,” katanya.

Oleh karena itu, adanya command center ini mampu mendukung tugas Satlantas Polrestabes Palembang di lapangan untuk monitor arus lalu lintas. “Ada 6 personel disiapkan di Command Center dan dua personel untuk pengendali, saat ini command center telah 95 persen di bangun dan tinggal finishing,” tutupnya.