Dinas Pendidikan Kota Palembang Menyelenggarakan Gerakan Sekolah Sehat

Palembang – Dinas Pendidikan Kota Palembang menyelenggarakan kegiatan Gerakan Sekolah Sehat tingkat SMP, yang dihadiri oleh para guru dari SMP negeri dan swasta di Kota Palembang. Acara ini berlangsung di Salatin Hotel Palembang pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Hadir dalam acara tersebut PJ Walikota Palembang diwakili Staf ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Sosial, dan Kemasyarakatan M.Sadaruddin Hadjar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang diwakili Kabid sekolah dasar Hj.Juirah ,SE,MM, Ketua Pelaksana Zuhdi Bay dan peserta dari SMP negeri dan swasta se Kota Palembang.

Materi yang disampaikan meliputi kriteria lingkungan sekolah yang sehat, pengelolaan kantin yang memenuhi standar kesehatan, serta penerapan pola hidup sehat bagi peserta didik. Langkah-langkah ini mencakup kebiasaan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan perilaku positif lainnya.

Gerakan Sekolah Sehat ini menjadi bagian dari penilaian Kota Palembang di tingkat nasional dalam kategori pelayanan publik, yang melibatkan penilaian sekolah-sekolah dari tingkat SD hingga SMA, baik negeri maupun swasta. Salah satu fokus penilaian adalah usaha kesehatan sekolah yang mendukung lingkungan belajar yang sehat.

Staf ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Sosial, dan Kemasyarakatan M.Sadaruddin Hadjar, mengatakan gerakan sekolah sehat merupakan inisiatif penting guna meningkatkan derajat kesehatan beserta dan lingkungan satuan pendidikan.

“Harapannya kita harapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang bersih sehat dan nyaman bagi seluruh warga sekolah,” ujarnya.

Dia menuturkan, diketahui bahwa untuk memenuhi kesehatan di sekolah ada yang namanya unit kesehatan sekolah atau UKS tidak hanya untuk lingkungan sekolah tapi UKS bisa dijadikan tempat pemeriksaan kesehatan bagi warga. Karena tujuan UKS tentunya kegiatan ini adalah untuk melahirkan generasi muda yang sehat dan berkualitas tinggi di Kota Palembang.

“Mari bergotong-royong untuk revitalisasi UKS melalui kampanye sekolah sehat dalam mewujudkan anak Indonesia yang kuat dan cerdas dan berkarakter. Ada tiga prioritas yang perlu dicapai melalui kampanye sekolah sehat yaitu sehat bergizi sehat fisik dan sehat imunisasi,” bebernya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Sehat bergizi bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik melalui penerapan pola makan dan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi, serta sehat fisik bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik seluruh ekosistem atau warga di sekitar sekolah.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta menginspirasi kita semua agar kita bersama berupaya lebih baik untuk membentuk anak Indonesia umumnya dan anak di kota Palembang pada khususnya yang sehat cerdas dan berkarakter,”tutupnya.